Teknologi Terbaru Intel untuk Perangkat Android

By on November 24, 2013
3.Teknologi Terbaru Intel untuk Perangkat Android2

Perusahaan teknologi digital ramai-ramai memamerkan teknologi terbaru mereka. Ada Apple yang sudah merilis prosesor sebesar 64-bit untuk perangkat iPhone 5S. Ada pula Samsung yang telah mengeluarkan produk baru mereka. Saat ini, Intel juga mengumumkan teknologi terbaru mereka. Pihaknya merilis sebuah prosesor bernama Bay Trail Atom.

Prosesor ini berkapasitas 64-bit dan digunakan untuk perangkat Android. Keterangan dirilisnya prosesor terbaru Intel ini didapatkan dari Hermann Eul selaku General Manager, Mobile and Communications Group. Rilis ini diungkapkan Eul saat berhadapan dengan investor pada hari Kamis tanggal 21 November 2013 yang lalu.

Hal menjadi sesuatu yang sangat menggembirakan dan membanggakan bagi pihaknya kerena selain membicarakan Windows 64-bit, Eul juga membahas mengenai perkembangan Android. Inilah kali pertama, pihaknya menunjukkan kernel 64-bit yang dijalankan pada Bay Trail namun dengan platform Android.

Ada beberapa perangkat terkini yang kompatibel dengan prosesor Intel Bay Trail. Prosesor ini mampu menyokong setidaknya 3 perangkat yaitu tablet, Dell 2-in-1, Hewlett Packard serta Lenovo. Perkembangan terus dilakukan dan akhirnya Intel mengeluarkan prosesor 64-bit yang dapat dijalankan menggunakan perangkat Windows 8.1 dengan modus 32-bit.

Salah satu yang membuatnya diminati adalah karena dengan menggunakan prosesor 64-bit maka Anda bisa menggunakan memori RAM berkapasitas besar khususnya lebih dari 4GB. Selain itu, keuntungan menggunakan prosesor 64-bit adalah kemampuannya untuk mendukung proses data yang lebih besar dan efisien ketimbang prosesor dibawahnya yaitu prosesor 32-bit.

Hingga saat ini, hanya Apple yang sudah memasang prosesor 64-bit keluaran Intel ini untuk perangkat mobile mereka. Melihat gerak cepat Apple, sepertinya Samsung juga tidak mau kalah. Kabar kencang berhembus jika Samsung juga akan meluncurkan sebuah Smartphone terbaru. Smartphone ini nantinya akan menjadi produk unggulan mereka.

Salah satu alasan mengapa Smartphone ini menjadi produk unggulan karena adanya prosesor Intel 64-bit yang dipasang untuk mendukung performa perangkat tersebut. Menurut rencana, Samsung akan meluncurkan produk perangkat Smartphone tersebut pada tahun 2014 mendatang. Belum diketahui pasti kapan tanggal dan bulan pihaknya akan merilis produk tersebut.

Setelah prosesor 64-bit diluncurkan dan sudah masuk dalam perangkat canggih dan populer, Intel masih belum puas. Di tahun 2014 yang sudah semakin depat ini, Intel akan memproduksi satu lagi teknologi terbaru mereka. Produk ini merupakan produk GPU yang berbasis Broadwell.

Dikabarkan bahwa Broadwell microarchitecture ini nantinya akan hadir dengan keunggulan yang lebih memukau jika dibandingkan dengan pendahulunya Haswell. Salah satunya adalah hadir dengan teknologi manufaktur 14nm.

Performanya akan lebih signifikan ketimbang GPU Intel HD 500 yang kala itu ditemukan di Haswell. Teknologi ini sendiri sangat berguna bagi gamer hardcore khususnya Anda yang membutuhkan kemampuan grafis yang mumpuni untuk mendukung game yang Anda mainkan.  

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *