Teka-Teki Dirilisnya Prosesor 64-bit pada Tablet Android

By on April 28, 2014
3.Teka-Teki Dirilisnya Prosesor 64-bit pada Tablet Android2

Apple telah melakukan gebrakan dengan merilis prosesor 64-bit. Prosesor ini telah disematkan pada iPhone 5S. Setelah itu, hampir semua produsen chip mobile mengikuti jejak Apple. Sebut saja, Qualcomm, NVIDIA, Mediatek, MediaTek, serta Marvel yang juga mengumumkan produk chip 64-bit milik mereka.

Salah satu yang ditunggu justru pengumuman penggunaan prosesor 64-bit pada tablet Android. Perlu Anda ketahui bahwa produk tablet Android masih belum mengumumkan penggunaan prosesor jenis ini. ARM Holdings sendiri mengaku terkejut dengan perubahan sebagian jenis chip ini.

ARM Holdings merupakan perancang chip yang disainnya sudah digunakan oleh hampir semua prosesor mobile termasuk milik Apple. Pihaknya justru memprediksi bahwa teknologi chip 64-bit akan lebih dipakai oleh lingkungan server dan bukannya gadget.

Sebaliknya, kini chipset jenis ini justru sangat populer digunakan oleh gadget iPhone dan iPad. Peningakatan permintaan prosesor 64-bit terjadi setelah Apple melakukan rilis produk mereka yaitu iPhone 5s dan iPad Mini Retina Display. Pernyataan disampaikan oleh Tom Lantzsch selaku wakil presiden eksekutif bidang strategi ARM Holdings.

Secara spesifik, peningkatan terjadi pada Cortex A53. Cortex A53 merupakan prosesor berbasis chipset 64-bit dengan kinerja yang sangat tinggi. Hal ini ternyata juga sudah diprediksi oleh pabrikan chip asal Taiwan yaitu Semiconductor Manufacturing Co. atau TSMC.

Melalui seorang eksekutifnya, pihak TSMC menyatakan bahwa konversi ke prosesor 64-bit meningkat selama 6 bulan terakhir. Hal ini ditengarahi akibat munculnya chip Apple A7 yang disematkan pada iPhone 5s.

tablet android, harga ipad, prosesor 64-bit, gadget, android

Secara resmi, perangkat dengan prosesor 64-bit akan diperkenalkan menjelang akhir tahun 2014. Bahkan, menurut Lantzsch produk terbaru tersebut sudah siap dipasarkan pada Natal tahun ini. Sayangnya, pihaknya masih belum memberikan keterangan resmi mengenai penggunaan prosesor 64-bit pada tablet Android.

Pihaknya hanya menyatakan bahwa hanya dengan menggunakan prosesor 32-bit saja kinerja gadget sudah sangat baik. Ia juga menegaskan bahwa prosesor 64-bit rancangan ARM Holdings sudah meningkat secara kualitas jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Hal yang mencolok dari rancangan prosesor 64-bit terbaru ini adalah penggunaan kode yang lebih efisien. Dengan adanya kode yang lebih efisien tersebut itu berarti daya tahan baterai lebih lama. Selain itu, respon gadget menjadi lebih baik didukung oleh fitur yang juga lebih baik dari sebelumnya.

Menurutnya, saat prosesor 64-bit pada tablet Android benar-benar dirilis oleh Google maka prosesor tersebut bisa dimaksimalkan lagi lebih dari yang sudah ada saat ini. Walaupun masih belum ada kepastian soal waktu rilis penggunaannya pada table Android namun hal itu tidak akan lama.

Hal ini karena semua pesaing sudah menggunakannya sehingga pihak Google tak akan mungkin ini tertinggal jauh. Besar kemungkinan Anda menikmati tablet Android dengan performa yang lebih baik dengan adanya prosesor 64-bit yang lebih baik.

tablet android, harga ipad, prosesor 64-bit, gadget, android

BACA JUGA:

Setelah Google Glass, Google Contact Lens, Kini Nikmati Google Kamera Gratis

Serangan Tiga Android KitKat LG ke Indonesia

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *