Smartphone Xiaomi Dituding Contek Apple, Ini Jawaban Xiaomi

By on July 22, 2015
1.Smartphone Xiaomi Dituding Contek Apple, Ini Jawaban Xiaomi.1

Xiaomi merupakan salah satu pabrikan smartphone yang sering disebut – sebut menjiplak desain produk dari Apple. Tidak terima terhadap tuduhan yang dilayangkan kepada Xiaomi, Hugo Barra selaku Vice President of International Xiaomi pun menyampaikan pembelaan terhadap pihaknya.

Salah satu produk smartphone Xiaomi yang dianggap mencontek produk Apple, khususnya iPhone 5 adalah Xiaomi Mi4. Hugo Barra pun menjelaskan bahwa kemiripan di antara tiap produk ponsel yang muncul di pasaran adalah hal yang biasa. Walaupun demikian, Barra juga tidak menampik bahwa memang ada kemiripan antara iPhone 5 dengan Xiaomi Mi 4.

“Semua drama tentang mencontek desain ini bermula dari desain bagian tepi salah satu seri ponsel pintar tertentu Xiaomi yakni Mi 4 di mana banyak yang mengatakan bahwa perangkat tersebut terlihat mirip dengan iPhone 5 milik Apple. Saya adalah orang pertama yang mengakui kemiripan produk tersebut dengan iPhone 5. Namun bentuk bagian tepi  yang menjadi persoalan tersebut juga ditemukan di berbagai perangkat yang lain,” tutur Barra.

Karena ada banyak kemiripan di antara produk – produk ponsel di pasaran, Barra pun menganggap bahwa tudingan sebagai ‘penjiplak’ terhadap smartphone Xiaomi tidak adil. Pasalnya selain Xiaomi, banyak pula produk ponsel dari vendor lain yang memiliki desain seperti perangkat Apple.

“Saya kira, kritik terhadap pihak kami bukan hal yang adil. Tak perlu diragukan lagi bahwa setiap produk ponsel pintar yang ada di pasaran saat ini cenderung mirip satu dengan yang lain. Misalnya harus ada tombol home dan memiliki sudut yang melengkung. Namun memang seperti itu cara desain interaktif bekerja,” terang Barra.

Tudingaan sebagai ‘peniru’ Apple yang saat ini disandang oleh Xiaomi sebenarnya bukan lagi sesuatu yang baaru. Perusahaan tersebut bahkan juga sudah sering disebut dengan Apple of China.  Lei Jun selaku CEO (Chief Executive Officer) sekaligus co founder Xiaomi juga pernah dianggap meniru gaya sang pendiri Apple yaitu Steve Jobs pada saat melakukan presentasi di panggung.

Walaupun berbagai kritik dilayangkan kepada pihak Xiaomi, Barra percaya hal ini akan berhenti dengan sendirinya. Dia yakin nantinya akan ada banyak perusahaan lain yang terinspirasi oleh Xiaomi.

“Menurut saya, Anda nanti akan menemukan banyak hal berlawanan yang akan terjadi dan orang – orang pun akan terinspirasi oleh produk – produk buatan kami,” jelas mantan karyawan Google itu. Demikian seperti yang dilansir dari Business Insider hari Senin kemarin (20/7).

Smartphone Xiaomi Mi4 sendiri memang telah diluncurkan oleh Xiaomi pada bulan Juli tahun 2014 kemarin dengan desain sekilas mirip dengan iPhone 5. Smartphone tersebut memiliki layar yang lebih besar dari iPhone yakni 5 inch. Smartphone Mi4 juga dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni seperti layar beresolusi 1280 x 1920 pixels, kamera 13 mp, dan cpu quad core.

Smartphone Xiaomi

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *