Smartphone Android Kualitas Layar 4K Pertama di Dunia Kini Hadir di Indonesia

By on November 6, 2015
3. Ponsel Kualitas Layar 4K Pertama di Dunia Kini Hadir di Indonesia 1

Sony Mobile siap resmi merilis ponsel pintar terbarunya di Indonesia. Sony Xperia Z5 Preemium rencananya akan diperkenalkan dan dipamerkan di Indonesia sekitar awal November. Di Indonesia, ponsel super canggih dan berkelas premium buatan Sony ini akan dibanderol dengan harga jual yang terbilang cukup tinggi, yaitu 12 juta rupiah. Sebelumnya, di sebuah acara pengenalan Sony Xperia Z5, Sony pernah mengatakan bahwa Smartphone Android dengan kualitas layar 4K ini belum dapat dipastikan soal jadwal rilisnya di Indonesia. Namun pada hari Rabu, 4 November kemarin terjawab sudah jadwal perilisan Sony Xperia Z5.

Smartphone Android  mendapatkan predikat sebagai Smartphone tertinggi di kelasnya. Pasalnya ponsel pintar yang satu ini merupakan ponsel pintar dengan layar 4K pertama di dunia. Lebar layar 5.5 inch ini didukung dengan kualitas resolusi sebesar 2.160×3.840 piksel. Dari dapur pacu terlihat adanya chip SoC Snapdragon 810 1,5 GHZ dengan prosesor Octa core 64 bit. RAM ponsel ini sebesar 3GB, sedang memori internal yang ditanamkan memiliki kapasitas 32 GB. Ponsel pintar terbaru buatan Sony ini juga dibekali slot untuk memori eksternal yang dapat memuat kapasitas penyimpanan 200 GB.

Masih sama dengan seri Xperia Z sebelumnya, kamera utama yang dipasangkan pada bagian belakang-atas ponsel ini memiliki kualitas 23 MP, sedang kamera depannya hanya 5,1 MP. Kamera utama didukung dengan fitur autofokus yang sangat cepat, yakni hanya 0.03 detik saja. Kemampuan autofukus Sony Xperia Z5 ini diklaim sebagai fitur autofokus tercepat untuk kelas Smartphone. Kamera utama juga memiliki kemampuan zooming hingga 5 kali tanpa membuat gambar objek pecah atau tidak jelas. Bagaimana dengan sistem operasinya? Smarphone Android ini didukung dengan sistem operasi Android 5.1 Lolipop. Sedang untuk baterai, Sony Xperia Z5 memiliki baterai dengan daya yang besar, yaitu 3.430 mAh. Daya baterai yang besar ini tentunya dapat mendukung kinerja fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya.

Lantas apa saja yang membedakan antara ketiga varian Xperia Z5 terbaru ini? Perbedaan ada pada ukuran layarnya. Xperia Z5 Compact hadir dengan layar 4.6 inch, sedang Xperia Z5 Dual berlayar 5,2 inch. Perbedaan kedua dapat dijumpai pada kekuatan RAM di mana Xperia Z5 Compact memiliki RAM berkekuatan 3GB, sedang Xperia Z5 Dual RAM-nya hanya 2GB saja. Kapasitas baterainya juga berbeda. Xperia Z5 Dual memiliki baterai dengan kapasitas 2.900 mAh, sedang kapasitas baterai Xperia Z5 Compact hanya 2.700 mAh saja.

Persamaan dari ketigannya yaitu jenis prosesor yang dipakainya, yaitu prosesor octa core 64 bit Snapdragon 810 dan juga jenis sistem operasi Android yang disematkan. Menariknya lagi Sony mengklaim bahwa OS Android pada ketiga ponsel pintar nan canggih ini dapat diupgrade menjadi  OS Android Marshmallow.

Layar 4K

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *