Smartphone 50 Ribuan Asal Negeri Bollywood

By on February 20, 2016
1. Smartphone 50 Ribuan Asal Negeri Bollywood 1

Uang sebesar Rp. 53.000 mungkin akan habis untuk Anda gunakan menelepon atau membeli kuota untuk layanan internet yang Anda gunakan. Akan tetapi, bila Anda pergi ke India, uang sejumlah ini dapat Anda gunakan untuk membeli sebuah smartphone. Hal ini bukanlah tipuan, karena salah satu perusahaan asal India, Ringing Bells memproduksi ponsel dengan harga semurah ini.

Ponsel dengan nama Freedom 251 ini akan dirilis pada tanggal 18 Februari nanti. Sedangkan harga yang ditetapkan Ringing Bells adalah US$ 4 per unitnya atau sekitar Rp. 53.000. Namun, dengan harga semurah ini, bagaimana dengan spesifikasinya? Tidak disangka, spesifikasi dari Freedom 251 ini dapat dibandingkan dengan ponsel kelas menengah.

Yang pertama, Freedom 251 dilengkapi dengan layar QHD IPS Display yang mampu menghasilkan resolusi 960 x 540 piksel. Ukuran layar yang hanya 4 inci membuat kemampuan menghasilkan resolusi sebesar ini menjadikan tampilan yang dihasilkan sangat jernih.

Dari sisi prosesor, Ringing Bells memasang prosesor dengan tipe Quad-Core dan kecepatan 1,3 GHz. RAM yang ada memang tidak terlalu besar, yaitu 1 GB. Tetapi, perpaduan dua komponen ini dapat dikatakan sudah sangat baik untuk smartphone murah seperti ini. Ditambah lagi, ponsel ini juga sudah menggunakan OS Android Lollipop 5.1.

Ruang penyimpanan yang tersedia didalamnya sebesar 8 GB. Namun, ponsel pintar ini juga mempunyai slot MicroSD yang dapat digunakan untuk mengekspansi kapasitas penyimpanan hingga 32 GB.

Tetapi, bila dilihat dari sisi spesifikasi kamera, baterai dan jaringan, maka wajar bila harga dari ponsel ini dapat sangat terjangkau. Dari sisi kamera sendiri, Freedom 251 hanya dilengkapi kamera beresolusi 3,2 MP untuk kamera utama dan kamera depan beresolusi 0,3 MP. Spesifikasi yang cukup rendah ini dirasa pihak pengembangnya sudah cukup untuk kebutuhan pengambilan foto dan selfie.

Selain spesifikasi kamera yang cukup rendah, smartphone ini juga hanya dapat digunakan untuk mengakses jaringan maksimal 3G. Dan, baterai yang digunakan hanya berkapasitas 1.450 mAh, yang diklaim dapat bertahan seharian.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi untuk membantu kegiatan penggunanya. Aplikasi-aplikasi populer seperti WhatsApp, YouTube, Facebook dan Google Play sudah dapat ditemukan dan digunakan di ponsel ini.

Menurut informasi dari Tech Times, yang dilansir pada Kamis 17 Februari 2016, perushaaan ini membuat ponsel ini demi kepentingan masyarakat India. Mereka ingin agar seluruh masyarakat India dapat menikmati teknologi digital saat ini. Dengan produk smartphone ini, maka masyarakat tidak akan terhalangi oleh harga tinggi dari ponsel pintar saat ini.

Langkah dari Ringing Bells ini juga diklaim mendapatkan dukungan dari Pemerintah. Hal ini terlihat saat peluncuran Freedom 251 dengan label “made in India” yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan India, Manohar Parrikar.

Smartphone

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *