Sistem Operasi Android 4.4 KitKat Hadir Pula di Ponsel Android Low End

By on November 3, 2013
3.Sistem Operasi Android 4.4 KitKat Hadir Pula di Ponsel Android Low End3

Salah satu hal yang menarik saat Nexus 5 resmi diluncurkan adalah mengenai sistem operasi Android 4.4 KitKat. Ternyata, sistem operasi Android 4.4 KitKat juga dipastikan akan meramaikan dunia gadget. Google menyatakan bahwa Android versi terbaru ini akan tetap berjalan dengan mulus meskipun Anda menggunakan ponsel berspesifikasi rendah.

Head of Google’s Chrome and Android businesses, Sundar Pichai menyatakan bahwa sangat penting untuk memastikan bahwa satu versi Android bisa bekerja dengan mulus untuk segala platform smartphone bagi yang low end hingga yang high end. Sistem operasi Android 4.4 KitKat sendiri merupakan sebuah gebrakan menuju ke arah tersebut.

Tapi, tetap saja bahwa tidak semua ponsel Android low-end dapat menikmati sistem operasi Android teranyar ini. Hal ini terkaitt dengan syarat Google dimana ponsel harus memiliki setidaknya kapasitas RAM sebesar 512 MB. Jika syarat minimal ini Anda penuhi, maka ponsel Anda dapat menjalankan Android versi baru ini dengan mulus.

Syarat ini sepertinya sudah sangat dipertimbangkan oleh Google. Hal ini melihat fakta bahwa kebanyakkan ponsel Android kelas low-end memang sudah dibekali dengan RAM sebesar 512 MB. Dengan begitu, syarat tersebut tidak akan menjadi masalah berarti bagi Anda. Itu artinya, Anda bisa segera menikmati sistem operasi Android 4.4 KitKat sesegera mungkin.

Improvisasi dari pihak Google tidak hanya berkutat pada sistem operasinya saja. Sebagai contoh, Android versi terbari ini juga akan tampil lebih baik dalam hal voice command. Improvisasi ini memang khusus dibuat bagi Anda pengguna Android low-end namun menghendaki sistem operasi Android terbaru. Jadi jika nanti pengguna mencoba bertanya pada Google voice dengan pertanyaan tertentu seperti “Call Andrew”.

Dalam hal ini, sistem operasi Android 4.4 KitKat akan langsung bertanya lebih spesifik seperti “Which Andrew”. Dengan begitu, sebagai pengguna Android, Anda akan mendapatkan data yang akurat sebelum melakukan aktivitas menggunakan Android Anda tersebut. Ini termasuk jika Anda ingin menghubungi seseorang. Sebagai tambahan, selain Nexus 5, ponsel Android lain yang rencananya akan menggunakan sistem operasi Android terbaru ini adalah Samsung Galaxy S4. HTC One, Nexus 4, tablet Nexus 7, dan Nexus 10.

Namun, untuk tahap awal hanya Galaxy S4 dan HTC One Google Edition yang dipastikan akan menggunakan sistem Android ini. Sedangkan untuk versi yang lainnya masih masuk dalam daftar tunggu dan belum ada kepastian. Di sisi lain, sebagai pengguna Galaxy Nexus Anda patut bersedih karena Google juga memastikan bahwa ponsel ini tidak akan menggunakan KitKat.

Hal ini sangat disayangkan mengingat Galaxy Nexus belum terlalu tua dan spesifikasinya juga masih sesuai untuk sistem operasi tersebut. Alasan kuatnya adalah karena handset yang buatan Texas Instruments yang mana perusahaan ini tidak lagi memproduksi chip ponsel.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *