Sistem Aplikasi Android untuk Rumah Anda

By on October 3, 2013
3.Sistem Aplikasi Android untuk Rumah Anda1

Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang lingkungan hidup bernama Hijauku bekerja sama dengan Konekthing berusaha menghadirkan sebuah sistem yang tidak biasa. Kedua perusahaan ini membuat sebuah sistem bernama Smart Home. Sebagai founder Hijauku, Hizbullah Arief menyatakan bahwa timnya ingin membuat sistem yang menghadirkan rumah yang cerdas dan hijau. Tentunya, ini sesuai dengan visi Hijauku untuk menghadirkan sebuah aplikasi yang berhubungan dengan teknologi hijau.

Ada beberapa hal yang unik dan menarik yang dihadirkan dalam sistem aplikasi Hijauku. Secara spesifik, sistem ini dapat digunakan untuk memantau penggunaan energi bahkan keamanan rumah Anda. Nantinya, teknologi ini juga bisa dimanfaatkan untuk keamanan perkantoran. Di sisi lain, Budiarto sebagai CEO Konekthing menyatakan bahwa aplikasi ini akan berbasis Android.

Dengan menggunakan teknologi berbasis Android ini Anda bisa mengatur aplikasinya secara otomatis sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, aplikasi teknologi hijau ini dapat digunakan untuk menyalakan lampu di sekitar rumah secara otomatis. Aplikasi ini sangat baik untuk mereka yang sering keluar rumah dan harus menyalakan lampu pada sore dan malam hari. Menariknya, Anda juga bisa mengontrol setiap perangkat yang sudah terhubung sehingga Anda bisa segera tahu jika ada sesuatu yang salah atau rusak.

Secara garis besar Budi mengatakan bahwa seolah-olah Anda bisa berkomunikasi dengan perangkat di rumah Anda. Tapi, untuk mengaktifkan sistem aplikasi Hijauku ini Anda perlu terhubung dengan internet. Perangkat tersebut nantinya akan dihubungkan dengan alat sensor dan kendali yang dipasang pada alat elektronik yang ada di rumah atau kantor Anda. Pada dasarnya, Konekthing memang mengembangkan perangkat ini sendiri namun mereka membuka kerja sama dengan pihak lain jika berkenan.

Selain itu, aplikasi Android ini terbuka untuk pihak ketiga dengan menggunakan application programming interface atau API. Bisa jadi nantinya sistem aplikasi hijau ini dibuat game dan ketika Anda menang lampu rumah akan menyala. Early warning disiapkan dalam aplikasi ini khususnya untuk memantau penggunaan energi agar tidak berlebihan. Hingga saat ini, sistem aplikasi Hijauku dan Konekthing ini sudah diaplikasikan di beberapa lokasi.

Salah satu contohnya adalah restoran di Jakarta dan sebuah perumahan di Depok, Jawa Barat.  Pada intinya, sistem ini digunakan untuk menghemat energi untuk kemudian penghematan emisi karbon serta berguna untuk menghadapi perubahan iklim.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *