Selamatkan Gadget Android Anda Dari Hacker

By on November 26, 2013
4. Selamatkan Gadget Android Anda Dari Hacker 2

Teknologi jaman sekarang memang dibuat untuk memanjakan Anda dan kita semua, namun Anda jangan terlena karena taknologi juga dipergunakan untuk melakukan banyak hal negatif yang bisa merugikan Anda. Contoh sederhana yang sedang panas-panasnya dibahas saat ini adalah penyadapan telepon oleh Intelijen Australia kepada beberapa pejabat Indonesia,bahkan SBY. Jelas terlihat teknologi menyediakan jalur komunikasi yang sederhana, bebas dan tanpa batas namun juga menyediakan celah untuk kegiatan mata-mata dan pelanggaran privasi seseorang.

Anda tidak boleh memandang sebelah mata pada kasus tersebut karena bisa saja Anda yang dimata-matai walau sebenarnya Anda bukanlah seorang presiden atau pejabat negara. Bisa saja gadget android yang Anda pegang dimatai-matai oleh seseorang yang ingin tahu kehidupan pribadi Anda atau lebih parah lagi ingin mencuri identitas dan informasi kartu kredit Anda dan informasi penting yang Anda simpan dalam gadget tersebut seperti info tentang tender perusahaan Anda, login dan password email, atau bahkan video dan foto hot Anda bersama selingkuhan.

 

Jika Anda tidak ingin dimata-matai maka sebaiknya amankan android Anda dari  hacker yang sering menyerang dari jaringan wifi disekitar Anda. Isu hacker android ini bukan hal baru karena media luar negeri sudah banyak membahasnya dan mendapati banyak korban yang dicuri informasi pentingnya oleh hacker. Investigasi menyebutkan bahwa hampir 100% android yang di hack adalah android yang memanfaatkan jaringan wifi. Oleh sebab itu jika Anda hobi dan sering menikmati internet gratis melalui Wi-Fi kampus, Mall, pertokoan dan lain sebagainya, maka sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut.

Karena laporan keamanan menyebutkan bahwa data-data tersebut hampir 100% dicuri saat menggunakan internet umum alias WiFi atau Hotspot, maka hindari menggunakan internet gratisan tersebut. Namun jika Anda memang penggemar berat internet gratisan maka usahakan selalu mengkoneksikan gadget android Anda pada encrypted WiFi yaitu jaringan yang terlindungi dengan sistem proteksi 128bit. Selain itu upgrade android Anda ke android versi yang lebih tinggi dari OS android 2.3 karena laporan juga menyebutkan bahwa aplikasi android 2.3 sangat lemah terhadap pembobolan dan pencurian data karena masih mempergunakan Anthentication Protocol.

Cara yang paling mudah adalah dengan memperbaharui gadget android Anda dengan gadget versi terbaru yang sudah terbilang mumpuni dalam hal keamanannya. Dengan begitu walaupun Anda menemui beberapa jaringan WiFi yang bisa diakses tanpa password alian WiFi Open, Anda akan lebih terlindungi walau tidak 100% imun terhadap serangan hacker yang ingin mencuri data-data dari dalam gadget atau ponsel cerdas Anda. Selanjutnya, Anda juga harus waspada terhadap adanya WiFi Open yang sengaja disediakan oleh para hacker untuk menjebak para pemilik android agar mengakses WiFi mereka sehingga bisa dicuri data-datanya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *