Satu Fitur Android 4.4 KitKat yang Belum Terkuak

By on November 10, 2013
3.Satu Fitur Android 4.4 KitKat yang Belum Terkuak1

Setelah resmi dirilis akhir bulan lalu, Android 4.4 KitKat menjadi sorotan. Sebagai sistem operasi baru, tentu saja pengguna ingin mengetahui fitur-fitur apa saja yangada di dalam gadget teranyar besutan Google ini. Rupanya, ada satu fitur dalam gadget ini yang tidak disebutkan oleh Google saat mengumumkan sistem operasi terbaru mereka tersebut.

Fitur tersebut berkaitan dengan aplikasi olah foto. Aplikasi olah foto ini bukanlah sebarang aplikasi. Disebut-sebut, aplikasi ini terbilang canggih atau setara dengan Adobe Photoshop khususnya untuk ukuran aplikasi mobile. Aplikasi dalam Android 4.4 KitKat ini menggantikan aplikasi editor foto sebelumnya yang sudah ada diGallery.

Untuk mengakses aplikasi ini, Anda cukup menekan icon “edit” ketika Anda sudahmembuka gambar. Nantinya, Anda akan melihat beberapa tool editing. Tool editingtersebut termasuk selective editing, graduate filter serta pengaturan saturasi per channel warna. Menurut informasi yang beredar, teknologi yang ada dalam editor fotoAndroid versi 4.4 ini mirip dengan milik Nik.

Nik adalah pembuat aplikasi image editing populer Snapseed. Lebih jauh lagi, Niksudah diakusisi oleh Google tahun lalu. Salah satu kelebihan fitur editor foto iniadalah sifatnya yang non destruktif. Ini artinya, foto hasil editing Anda akan langsung tersimpan sebagai file terpisah. Sedangkan untuk file gambar asli masih tetap adadan aman.

Jika Anda sudah selesai dengan proses editing, Anda bisa langsung menyimpanhasil modifikasi tersebut sebagai preset filter. Nicholas Road selaku developer Android mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut nantinya akan tersedia secara default untuk perangkat Android 4.4 KitKat. Menurut keterangannya, aplikasi ininantinya akan bisa digunakan pada Smartphone dan tablet.

Untuk merasakan perangkat dengan sistem operasi tersebut, Anda harus membeli ponsel Nexus 5 yang merupakan besutan Google terlebih dahulu. Ini karena memang sistem operasi Android 4.4 hanya tersedia untuk Nexus 5. Selain fitur tersebut di atas, adapula beberapa fitur menarik. Contohnya, dengan menggunakan Nexus 5 dengan Android 4.4 Anda bisa menggunakan fitur bernama Immersive mode.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyembunyikan segala macam elemen tampilan layar kecuali konten yang Anda inginkan. Fitur ini sangat cocok untuk mereka yang hobi membaca eBook, bermain game atau menonton film via ponsel. Akses kontak lebih mudah dan nyaman untuk digunakan. Ini karena Google membuat fitur yang dapat menelusuri daftar kontak dengan menggunakan akun-akun Google Apps langsung dari aplikasi telepon.

Android 4.4 KitKat juga akan menyusun daftar kontak dalam ponsel Anda berdasarkan orang-orang yang paling sering dihubungi. Aplikasi Google Now jugabisa diakses dalam sekali sapuan. Sedangkan, fitur perintah suara dapat dipakai untuk menjalankan voice search atau mengirim SMS tanpa harus menyentuh layar.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *