Samsung Turun Laba Gara-Gara Diserang Smartphone Tiongkok

By on August 4, 2014
1. Samsung Turun Laba Gara-Gara Diserang Smartphone Tiongkok 2

Dilaporkan oleh Samsung bahwa laba mereka tahun ini menurun drastis dari periode yang sama tahun lalu. Penurunan laba ini agak serius karena penurunan laba bersih mencapai 20%. Samsung selama ini memfokuskan diri pada pengembangan dan penjualan ponsel pintar yang memberi kontribusi besar pada keuntungan bisnis perusahaan mereka. Karena permintaan pasar terhadap produk Samsung menurun maka laba mereka menurun.

Menurut laporan keuangan yang dilakukan oleh Samsung pada periode April sampai Juni 2014, Samsung hanya mampu membukukan pendapatan sebesar 28,45 triliun Won Korea Selatan atau hanya sekitar 27,5 miliar dollar AS dan dari jumlah pendapatan tersebut, laba bersih yang didapatkan perusahaan hanya sekitar 6,25 triliun Won Korea Selatan atau hanya sekitar 6,1 miliar dollar AS.

Jumlah tersebut menurun drastis sebanyak 20% dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 7,7 triliun Won Korea Selatan atau sekitar 7,58 miliar dollar AS. Diakui oleh Samsung bahwa penurunan ini merupakan yang pertama selama tiga tahun terakhir. Turunnya laba ini dikarenakan turunnya permintaan pasar akan perangkat tablet dan smartphone yang diproduksi oleh Samsung.

Samsung juga berkata bahwa penurunan laba tersebut juga dipengaruhi oleh melemahnya nilai tukar mata uang Won sehingga laba operasional perusahaan juga sangat berkurang dari sebelumnya. Selain itu, penurunan laba ini cenderung lebih disebabkan karena serangan smartphone Tiongkok yang baru-baru ini melakukan penetrasi pasar secara massive.

Trend pasar yang lebih memilih untuk membeli smartphone Tiongkok memang membuat permintaan pasar untuk perangkat Samsung menjadi berkurang, apalagi perangkat dari negeri Tirai bambu tersebut didesain dengan baik, elegan, dan mewah namun dengan harga yang sangat murah. Paling tidak sekarang ada tiga vendor Tiongkok yang harus dihadapi oleh Samsung yaitu Huawei, ZTE, dan juga Xiaomi.

Huawei melakukan penetrasi pasar dengan Ascend series miliknya, ZTE dengan smartphone baru buatan mereka dan Xiaomi adalah yang paling agresif dengan membanjiri pasar dengan smartphone kelas atas seperti Mi 3 dengan harga yang sangat terjangkau. Siapa yang tidak tergiur membeli perangkat secanggih Galaxy Series namun semurah smartphone lokal?

Sebagian besar smartphone Tiongkok dibuat dengan spesifikasi yang tinggi dan bahkan ada yang diklaim jauh lebih baik dari sebagian besar produk Samsung. Perangkat dari vendor Tiongkok ini juga sudah dipasarkan ke seluruh dunia, namun memang untuk pasar Indonesia belum tampak gregetnya karena baru Huawei dan ZTE yang bermain. Namun diprediksi sebentar lagi Xiaomi juga akan bermain di pasar Android Indonesia. Oleh sebab itu jika Anda menginginkan perangkat smartphone yang canggih namun dengan harga lokal, maka tunggulah sebentar lagi maka smartphone Tiongkok ini akan segera masuk ke pasar Indonesia.

samsung, smartphone, hp cina, android, harga samsung

BACA JUGA:

Smartphone HTC Desire 616 Hanya Bisa Ditemui di Asia Saja

Ini Rahasia Google Hemat Baterai Android

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *