Samsung Siap Garap Prosesor 10 nm

By on April 28, 2016
2.Samsung Siap Garap Prosesor 10 nm.2

Dengan produksi chip 14 nm, perusahaan teknologi kenamaan Samsung memang masih jadi pilihan terpopuler untuk produsen perangkat yang hendak menggarap prosesor. Tetapi pada saat TSMC mengumumkan rencana untuk menguji pabrikasi prosesor 7 nm, Samsung pun langsung memberikan respon dengan rencananya untuk meluncurkan prosesor 10 nm.

Menariknya, respon Samsung di sini tidak lagi sekedar coba – coba. Bahkan Samsung sudah bersumbar bahwa taraf mereka sudah sampai pada level produksi. Perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini mengatakan bahwa produksi chip 10 nm rencananya akan dilaksanakan pada akhir tahun ini.

Hal ini dilakukan oleh Samsung karena chip 10 nm memiliki konsumsi daya yang lebih efisien, Kemampuan tersebut dapat diperoleh karena transistor yang digunakan semakin kecil. Keunggulan dari pembuatan chip 10 nm juga terletak pada sektor performanya. Samsung mengatakan bahwa pabrikasi prosesor 10 nm menawarkan peningkatan performa mencapai 10 persen.

Sayang sekali, sampai sejauh ini masih belum diketahui jenis prosesor apa yang akan mengusung pabrikasi 10 nm milik Samsung. Seperti yang diketahui, jika pabrikasi 14 nm sendiri saat ini digunakan oleh Samsung untuk mengerjakan prosesor buatannya yakni Exynos 8890. Prosesor tersebut saat ini digunakan pada perangkat ponsel pintar andalan milik Samsung yakni Galaxy S7.

Selain itu chip 14 nm juga sudah digunakan pada Snapdragon 820 yang menjadi andalan dari Qualcomm. Walaupun Samsung sudah secara terang – terangan fokus terhadap pabrikasi 10 nm, tidak berarti Samsung menjadi tidak peduli lagi dengan rencana TSMC yang hendak melakukan uji coba pabrikasi 7 nm. Vendor tersebut mengaku bahwa pihaknya juga sudah mempunyai target untuk arah yang sama.

Tetapi beberapa perusahaan rekanan mereka beranggapan bahwa pabrikasi 10 nm merupakan teknologi yang paling sesuai untuk beberapa waktu mendatang. Di samping itu, pembuatan chip 10 nm juga diklaim akan memiliki siklus yang lebih panjang jika dibandingkan dengan 14 nm yang tidak lama lagi akan dilibas lewat produksi prosesor 10 nm.

Sekedar informasi, vendor chip terbaik untuk saat ini dipegang oleh Samsung dan Intel karena baru kedua vendor tersebut yang mampu menggarap cpu dengan pabrikasi 14 nm. Jika Intel lebih fokus untuk prosesor x86, Samsung lebih condong ke cpu ARM. Walaupun tertinggal beberapa tingkat dari Samsung dan Intel, TSMC tidak mau menyerah.

Perusahaan chip tersebut mungkin saja akan mempercundangi dua vendor persaingnya itu melalui pengujian yang sedang dilakukannya. Sementara itu TSMC dipaksa untuk mengalah karena hanya mampu membuat cpu dengan pabrikasi 16 nm. Namun produsen chip yang berbasis di Taiwan itu dipastikan tidak hanya akan tinggal diam. Muncul kabar bahwa TSMC sedang bersiap untuk melakukan pengujian pabrikasi 7 nm.

Jika memang benar, tentu ini menjadi lompatan besar untuk TSMC. Apalagi perusahaan chip tersebut juga mengatakan bahwa ada 15 perusahaan yang tertarik untuk menggunakan prosesor 7 nm buatannya setelah resmi diluncurkan nanti. TSMC sendiri menjanjikan produk prosesor 7 nm buatannya sudah akan muncul pada awal tahun 2018 nanti.

Samsung

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *