Samsung Percaya Diri Jualan Tablet

By on May 14, 2015
3. Samsung Percaya Diri Jualan Tablet 1

Pada saat vendor smartphone lain sedang gencar-gencarnya menggenjot penjualan di kelas smartphone dengan cara membanjiri pasar dengan berbagai jenis dan varian smartphone, Samsung masih saja berurusan dengan tablet yang saat ini, oleh banyak pihak, dinilai mulai jenuh. Hal ini ditunjukkan dengan mulai lesunya penjualan tablet di seluruh dunia dan mulai berkurangnya jumlah varian tablet baru yang dikeluarkan oleh perusahaan gadget di seluruh dunia.

Sebagai contoh, Apple fokus dengan iPhone 6 series dan sebentar lagi dengan iPhone 6S series, begitu pula dengan Asus yang fokus ke smartphone, bahkan banyak vendor lain yang sama sekali belum pernah merilis produk tablet dari perusahaanya. Namun bertolak belakang dengan hal tersebut, Samsung tetap optimis bahwa tablet buatanya tetap laris manis  dipasaran, oleh sebab itu mereka akan terus memproduksi tablet.

Hal tersebut diungkap oleh Vebbyna Kaunang, yang merupakan Marketing Director Samsung di Indonesia. Menurutnya Samsung yakin tablet mereka tetap laku karena selama ini merekalah yang merajai penjualan tablet di segala segmen, apalagi Apple yang merupakan saingan utama Samsung dengan iPad mereka, saat ini sedang sibuk dengan iPhone 6 series yang hanya diperuntukan bagi segmen high end.

Samsung akan lebih menekankan produk yang diperuntukan bagi kelas menengan dan entry dimana pasar itu hanya diisi oleh segelintir pemain lokal dengan kualitas tablet yang sangat pas-pasan, layar kelas bawah dan kamera VGA saja. Oleh sebab itu Samsung akan melakukan riset dan juga pengembangan produk agar sesui dengan segmen yang masih haus akan tablet dan juga demand pasar yang ada.

Menurut Vebbyna, pasar tablet masih terbuka luas, apalagi di Indonesia yang pemerataan perangkat teknologi seperti smartphone dan tablet masih belum cukup merata. Luasnya pasar tabet juga didukung dengan digelarnya jaringan 4G LTE yang membuat koneksi internet semakin cepat sehingga demand pasar berubah dari perangkat tablet 3G menjadi tablet dengan fitur 4G.

Saat ini Samsung masih menjadi nomer satu dalam hal jumlah penjualan tablet di seluruh dunia dan bersaing ketat dengan iPad dari Apple. Saat ini jajaran Tablet Samsung dikuasai oleh Samsung Galaxy Tab Series yang terdiri dari banyak varian. Tablet yang paling baru produksi Samsung adalah Samsung Galaxy Tab S yang menawarkan performa high end dengan harga yang cukup masuk akal.

Selain Samsung dengan Galaxy Tab, Apple dengan iPad, ada beberapa pemain di pasar tablet dunia antara lain adalah Xiaomi dengan produk tablet terbarunya, Sony, Asus dengan Padfone, dan di Indonesia tablet dikuasai vendor lokal seperti Imo dan Cross. Diharapkan Samsung benar-benar memproduksi tablet yang sesuai dengan pasar, khusnya pasar di Indonesia agar konsumen Indonesia bisa menikmati layanan teknologi dengan lebih baik dan lebih cepat.

Samsung

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *