Ponsel Android Rakitan Sebentar Lagi Menjadi Kenyataan

By on April 17, 2014
2. Ponsel Android Rakitan Sebentar Lagi Menjadi Kenyataan 1

Jika Anda mendengar rakitan mungkin pikiran Anda akan langsung tertuju pada komputer rakitan yang ada dikamar Anda. Sejak dulu hingga sekarang banyak orang yang memilih membeli komputer rakitan karena spesifikasinya bisa dibuat sebaik yang kita inginkan atau semurah yang kita mampu. Nah, sebentar lagi Anda juga akan bisa membeli ponsel android rakitan. Ini bukan rumor dan bukan gosip murah karena Google sebagai produsen android memang berencana akan mulai menjual ponsel rakitan.

Proyek ini dimulai oleh Google beberapa saat yang lalu dan rencananya akan mulai dipasarkan pada awal tahun 2015 mendatang. Berita ini telah diungkapkan Google secara resmi pada konferensi pengembang aplikasi Project Ara di Mountain View California. Google menyebut ponsel rakitan tersebut akan terdiri dari perangkat dasar dan komponen-komponen yang bisa dibeli terpisah. Perangkat dasar dari ponsel yang bisa dirakit tersebut diberi nama ‘Gray Phone”.

Dalam modul ponsel android rakitan tersebut sudah terdapat komponen-komponen antara laini adalah baterai, layar, prosesor, dan juga modul WiFi. Sementara itu untuk melengkapi Gray Phone tersebut nantinya akan ada komponen-komponen yang akan dijual secara terpisah dan pengguna ponsel bisa menentukan sendiri ponsel seperti apa yang akan ia rakit dan berapa uang yang harus ia keluarkan untuk ponsel rakitan tersebut.

harga samsung, android rakitan, ponsel rakitan, hp rakitan, android

Komponen dasar atau Gray Phone akan dijual seharga $50 saja namun tidak ada keterangan tentang harga modul lain dan juga harga-harga komponen yang nantinya bisa didapatkan dipasaran. Menurut Google, semua medul telah dibuat sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Google dan setiap komponen dapat dipertukarkan sehingga pengguna dapat merakit ponsel android rakitan sesuai dengan kebutuhannya, persis saat Anda merakit komputer Anda untuk keperluan yang Anda butuhkan.

Modul-modul lain dan juga komponen ponsel rakitan ini nantinya akan diserahkan kepada perusahaan yang memproduksi modul komponen dan harganya terserah mereka. Walaupun begitu Google tetap mengawasi masalah ukuran dan juga kompatibilitas komponen dengan modul dasar atau Gray Phone. Google yakin dengan cara begini maka teknologi perangkat keras akan semakin cepat berkembang dan begitu pula dengan perangkat lunak sehingga daya saing akan terdongkrak.

Google saat ini masih mengembangkan teknologi yang memungkinkan ponsel rakitan tersebut dengan memanfaatkan Divisi Advanced Technology and Project (ATAP) milik Motorola Mobilty yang tidak ikut dijual ke Lenovo awal tahun ini. Seperti diketahui, Google memang menjual Motorola Mobility pada Lenovo tahun ini dengan harga yang sangat murah dan bahkan bisa dikatakan merugi, namun tidak dijual dengan dengan divisi pengembangan teknologinya. Di divisi inilah Google merencanakan dan memproduksi teknologi yang akan dipergunakan untuk merealisasikan ponsel rakitan dan proyek pengembangan ini dipegang oleh Regina Dugan.

 harga samsung, android rakitan, ponsel rakitan, hp rakitan, android

BACA JUGA:

Lagi. Pengguna Glass Diserang Karena Kaca Mata Pintar Itu

Smartphone Amazon Akan Segera Diluncurkan Bulan Juni

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *