Perubahan Besar Telah Datang dari Android Wear

By on February 9, 2016
2. Perubahan Besar Telah Datang Dari Android Wear 1

Bagi pengguna Smartwatch dengan OS Android Wear, ada kabar dari Google yang dapat dikatakan sebagai kabar terbaik tahun ini. Google telah merilis update terbaru untuk OS ini. Dan, yang menarik, terdapat banyak fitur baru yang dapat dikatakan mengubah fungsi dari gadget dengan OS ini. Salah satunya adalah pembaharuan pada fungsi pengguna speaker dari gadget ini.

Dilansir dari laman TechCrunch, Sabtu, 5 Februari 2016, adanya fitur baru ini menambahkan fungsi baru pada Android Wear. Pengguna kini dapat menerima dan melakukan panggilan telepon dari Smartwatch mereka yang menggunakan OS ini. Fitur ini jelas merubah Smartwatch Android Wear yang dulu hanya berfungsi sebagai jam tangan saja.

Selain fungsi menelepon dan menerima panggilan, fungsi lain yang ditambahkan Google adalah fungsi mendengarkan pesan. Pengguna jam tangan pintar Android Wear sekarang tidak perlu lagi melihat Smartphone mereka untuk mendengarkan pesan, berupa pesan video atau suara. Namun, untuk menggunakannya, pengguna harus memasang aplikasi yang mendukung OS Android Wear.

Fitur baru yang juga hadir pada update ini adalah fitur gerakan tagan baru untuk pengguna jam tangan pintar Android Wear. Misalnya, untuk memperbesar ukuran kartu pada Smartwatch, pengguna hanya perlu menggerakkan lengan mereka ke arah bawah secara cepat. Sementara, untuk mengembalikan ukuran kartu, pengguna hanya perlu memutarnya ke arah berlawanan secara cepat.

Fungsi lainnya dari update Android Wear adalah membuka menu awal atau halaman terdepan. Untuk fungsi ini, pengguna hanya perlu menggoyang jam tangan pintar mereka beberapa kali.

Fitur baru ini membuat jam tangan pintar yang menggunakan OS ini menjadi lebih fungsional. Berbagai fungsi yang baru ini juga membuat jam tangan pintar menjadi pasangan tepat untuk Smartphone Android. Misalnya adanya fungsi penggunaan speaker yang lebih baik membuat pengguna lebih mudah menggunakan aplikasi di Smartphone mereka.

Adanya update terbaru ini juga dapat dikatakan sebagai usaha Google untuk dapat bersaing dengan produsen jam tangan pintar lainnya, seperti Apple. Dan, dengan penggunaan OS Android yang dapat dikatakan sangat banyak, ada peluang bila Android Wear juga dapat memperoleh hasil yang baik.

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menggunakan OS besutan Google ini untuk produk-produk Smartwatch mereka. Contoh mudahnya adalah produk-produk seperti Moto 360, Asus ZenFone 2 dan masih banyak lagi.

Update terbaru dari Android Wear ini juga mungkin masih dapat dikatakan tahap awal pengembangan OS ini. Seperti OS Android yang berupa Open Source, ada kemungkinan bila beberapa perusahaan akan lebih mengembangkan OS jam tangan pintar ini lebih jauh lagi. Pada saat itu, akan ada banyak lagi fitur dan fungsi baru lainnya yang muncul dan pasti lebih berguna.

Android Wear

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *