Perhatikan Apakah Smartphone Anda Kebal Bug “Heartbleed”?

By on April 14, 2014
3. Perhatikan Apakah Smartphone Anda Kebal Bug _Heartbleed_ 2

Beberapa saat yang lalu jagad maya dihebohkan dengan penemuan lubang keamanan yang diberi nama “Heartbleed”. Lubang keamanan atau bug “Heartbleed” ini cukup membuat khawatir karena dilaporkan bahwa ada sekitar 66% situs web yang terkena dampak dari penyebaran “Heartbleed” ini. Dilaporkan juga bahwa tidak saja situs web dan layanannya saja  yang terganggu namun smartphone android juga tidak lepas dari terjangkitnya bug ini.

Walau sebenarnya sampai saat ini belum ada laporan bahwa serangan “Heartbleed” sudah merusak sistem operasi ponsel namun banyak vendor smartphone tidak mau ambil resiko dan mereke mencoba memperbaiki sistem-sistem di perangkat yang mereka jual tersebut agar pengguna aman dari serangan “Heartbleed” ini. Jika Anda adalah pemakai produk-produk Apple yang ber OS iOS maka Anda tidak perlu khawatir karena bug “Heartbleed” tidak akan berbahaya bagi perangkat Anda. Hanya ada sedikit resiko namun itu bisa diabaikan, mata situs AskDifferent.

Sementara itu bagi Anda yang mempergunakan platform lain seperti Windows Phone dan android maka beruntunglah Anda  yang mempergunakan Windows Phone karena resiko serangan “Heartbleed” untuk platform Windows adalah kelas moderat yaitu sedang saja dan bisa dianggap cukup aman. Hal ini karena Windows Phone mempergunakan komponen enskripsinya sendiri  yang disebut Secure Channel yang diakui Microsoft tidak tertembus “Heartbleed”.

aplikasi android, bug hearbledd, hearbledd, smartphone, android

Lebih lanjut Microsoft juga menjelaskan bahwa Microsoft Account, Microsoft Azure dan juga kebanyakan Microsoft Services tidak akan terkena bug “Heartbleed” ini karena proteksi yang telah dilakukan jauh hari. Sementara itu untuk Blackberry, belum menyatakan sikap apakah platform mereka aman dari “Heartbleed” atau tidak karena sampai sekarang mereka masih melakukan investigasi. Kedua platform diatas memang dianggap cukup aman karena mereka mempunyai sistem enkrispi dan juga platform mereka sendiri, berbeda dengan Android yang saat ini sudah sangat luas dipergunakan di hampir seluruh perangkat.

Sementara itu dikabarkan jika android adalah yang paling rawan terhadap bug “Heartbleed” ini, apalagi jika versi yang dipergunakan adalah versi 4.1.1. Google sendiri dalam halaman situs resminya mengatakan bahwa semua versi android aman terhadap serangan “Heartbleed” atau yang diberi kode CVE-2014-0160, kecuali android 4.1.1. namun ditambahkan pengecualian ini bersifat terbatas yang artinya android 4.1.1 ini tidak semerta-merta bisa terkena “Heartbleed”. Hanya ada sedikit resiko yang bisa mempengaruhi  android 4.1. namun begitu Google sedang mengusahakan untuk menambal keberadaan bug yang sangat berbahaya tersebut.

Jika perbaikan sudah diselesaikan maka akan segera dibagi kepada vendor-vendor ponsel agar dipergunakan pada produk-produk mereka. Untuk diketahui, saat ini ada sekitar 300 juta smartphone android yang bisa terkenan gangguan “Heartbleed” dan jumlah tersebut adalah 34% populasi smartphone dunia tahun ini. Oleh sebab itu cek kesehatan ponsel Anda dengan heartbleed detector yang bisa Anda unduh dari Google Play.

aplikasi android, bug hearbledd, hearbledd, smartphone, android

BACA JUGA:

iOS vs Android Sudah Terjadi Sejak 2011

Aksi Canggih Google Untuk Memerangi Pembajakan

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *