Perhatian! Perangkat Android Pada Nexus Ternyata Bermasalah Dengan Koneksi 5Ghz Band-nya

By on February 3, 2014
3. Perhatian! Perangkat Android pada Nexus Ternyata Memiliki Masalah dengan Koneksi 5Ghz Band-nya  1

Sebagai pengguna perangkat Android seperti Smartphone, Tablet, dan yang lainnya tentunya sudah sangat familiar dengan penggunaan koneksi internet yang memang sudah menyatu pada sotware perangkat Anda. Namun apa jadinya jika perangkat Android Anda bermasalah dengan koneksi internetnya seperti WiFi, misalnya. Tentu tidak akan asik lagi, bukan? Berbicara soal koneksi pada perangkat Android, kita tidak akan hanya berhenti pada pembahasan soal akses poinnya saja, melainkan juga tentang kecepatan (speed) koneksinya yang semula hanya 2.4 GHz menjadi 5 GHz. Namun sayang, hal tak diinginkan menimpa Anda para pengguna perangkat Nexus dan beberapa jenisnya. Perangkat-perangkat Nexus ini ternyata bermasalah dengan koneksi khususnya pada koneksi yang berfrekuensi lebih tinggi.

Salah satu jenis perangkat yang diidentifikasi memiliki masalah pada koneksinya adalah perangkat Android  Galaxy Nexus 4.0.1 dan parahnya lagi masalah koneksi ini juga muncul pada perangkat Nexus seri atasnya seperti perangkat Nexus 5. Kini sudah banyak pengguna yang membicarakan soal isu ini. Banyak perangkat lainnya yang juga mungkin akan mendapatkan dampaknya. Akan tetapi isu ini masih belum jelas apakah memang ada kesalahan pada bagian koneksinya atau hanya kesalahan para pengguna saja.

Gejala adanya masalah koneksi ini memang sulit untuk dideteksi. Gejala umum munculnya masalah koneksi yang paling sering dialami adalah status koneksi pada WiFi gagal terus menerus. Namun gejala ini tampak tak konsisten., terkadang koneksi akan berubah-ubah kecepatannya khususnya saat akan melakukan update aplikasi-aplikasi Android. Sebelumnya juga sering terjadi gangguan pada bagian koneksinya. Gangguan ini sering muncul pada beberapa perangkat Nexus seri sebelumnya yang berkapasitas kecepatan 5GHz. Tak ada jaringan WiFi pada daftar jaringan/ networks list.

android, smartphone, gadget, koneksi internet,

Ada sederetan perangkat Galaxy Nexus yang juga mendapatkan masalah yang sama soal koneksi WiFi. Kecuali 2012 Nexus 7 yang tidak disertai dengan penambahan fitur 5 Ghz band di didalamnya. Komplain banyak dilontarkan oleh para pengguna Nexus Android 4.0. Sedangpengguna Nexus Jelly Bean 4.2.2 dan Nexus Android KitKat 4.4.2. masih tampak tenang alias jarang yang komplain.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah driver pada perangkat Android Nexus versi tertentu. Namun ada juga yang berpendapat bahwa Android-lah yang menyebabkan adanya masalah pada elemen 5GHz band yang tak berfungsi dengan baik. Sayangnya hingga kini masih belum banyak info soal kebenaran dari masalah ini. Yang jelas para pengguna Android Nexus dengan 5GHz band-nya lah yang merugi.

Ada sebuah cara yang patut dicoba untuk mengatasi masalah ini. Cara ini terbilang cukup efektif. Caranya yairu mengganti channel/ saluranpada router. Pilihlah channel 149,  36, dan 48 karena sudah banyak pengguna yang menggunakan channel ini dan hasilnya berhasil. Anda juga boleh mencoba channel lainnya jika ketiga channel tersebut tidak berhasil.

android, smartphone, gadget, koneksi internet,

BACA JUGA:

Potensi Kerusakan Root Apps pada Android Versi Masa Depan

Hati-Hati Android Banyak Penyakit

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *