Perbandingan Sony Xperia Z, Ultra Z, dan Z1

By on September 10, 2013
4.Perbandingan Sony Xperia Z, Ultra Z, dan Z1.3

Pasaran ponsel pintar semakin hari semakin berwarna dengan munculnya berbagai macam produk ponsel pintar dari berbagai merk ternama dunia untuk memenuhi permintaan masyarakat akan ponsel pintar yang semakin tak terbendung. Banyak produsen ponsel yang mulai memberikan lebih banyak pilihan ponsel pintar untuk kelas low-end demi merambah pasar ponsel pintar yang lebih luas.

Namun, jangan salah kira jika persaingan yang semakin terbuka hanya terjadi pada pangsa low-end karena di kelas high-end sendiri, persaingan ketat terjadi antara produsen ponsel pintar. Mungkin Anda sudah mengenal beberapa nama besar di dunia ponsel pintar kelas high-end. Di tahun 2013 ini, ada nama produsen yang tidak bisa dibilang baru di dunia produksi ponsel yang juga merilis produk ponsel pintar.

Produsen ponsel asal Jepang, Sony, yang kini sudah tidak lagi menyandang nama Ericsson muncul dengan produksi ponsel pintar Xperia seri Z yang menyasar pengguna ponsel pintar high-end. Xperia Z menjadi pembuka jalan untuk ponsel pintar Sony pada awal tahun selanjutnya yakni Xperia Ultra Z yang dirilis pada pertengahan tahun dan Xperia Z1 yang baru saja diumumkan awal September. Meskipun sama-sama dari keluarga Z, masing-masing mempunyai fungsi dan spesifikasi yang berlainan.

Perbandingan Fungsi

Jika diperhatikan lebih teliti, ketiga jenis varian ponsel pintar tersebut mempunyai desain yang tidak begitu berlainan secara garis besar. Ketiga perangkat tersebut dilengkapi dengan sertifikasi militer yang membuat ketiganya bisa tahan terhadap air dan debu. Namun, masing-masing varian ponsel pintar besutan Sony mempunyai perbedaan fungsi yang mendasar.

Kemunculan Sony Xperia Z bisa dikatakan sebagai titik tolak perkenalan dunia terhadap produk ponsel pintar buatan Sony yang mempunyai performa yang tinggi dan tangguh. Di sisi lain, Sony menjawab kebutuhan konsumen akan ponsel pintar dengan dukungan layar yang lebih lebar dengan meluncurkan varian Xperia Ultra Z.

Ponsel pintar terbaru Sony yang belum lama dirilis diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan ponsel pintar dengan tampilan Xperia Z dengan performa yang jauh lebih cepat dan dilengkapi dengan kamera yang lebih canggih.

4.Perbandingan Sony Xperia Z, Ultra Z, dan Z1.2

Perbandingan Spesifikasi

Dengan fungsi yang berbeda tersebut, Sony Xperia Z, Ultra Z, dan Z1 tentu mempunyai spesifikasi yang sedikit berlainan. Jika dua varian terbaru didukung dengan unit prosesor grafis Adreno 330, sistem operasi Android Jelly Bean 4.2.2, dan prosesor Quad-core 2,2 GHz Qualcomm Snapdragon 800 MSM8974; varian Xperia Z masih didukung dengan unit prosesor grafis Adreno 320, sistem operasi Android 4.1, dan Quad-core 1,5 GHz Qualcomm Snapdragon S4 Pro APQ8064.

Ukuran layar Xperia Z dan Z1 lima inci dengan kerapatan piksel 441 per inci sementara Xperia Ultra Z mempunyai layar dengan ukuran 6,4 inci dengan kerapatan piksel 342 per inci. Jenis layar Triluminos diusung Xperia Z1 dan Ultra Z sementara Xperia Z menggunakan jenis layar TFT.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>