Perang Robot Kelas High End

By on November 5, 2013
1. Perang Robot Kelas High End 1

Kini tampaknya si robot hijau semakin populer dan memuncaki perolehan pangsa pasar yang semakin luas di masyarakat. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya handphone berbasis android yang ada dipasaran belum lagi perang robot kelas high end antara produsen-produsen Android Smartphone. Salah satu perusahaan yang memfokuskan diri pada smartphone berbasis android kelas high end adalah Sony. Perusahaan ini sangat agresif dalam penetrasi pasarnya sehingga dalam beberapa bulan saja perusahaan asal Jepang ini sudah meluncurkan tiga produk handphone kelas high end.

Kehadiran Sony dalam pasar handphone android kelas atas tak pelak membuat semakin sengitnya pertarungan antara produsen handphone kakap seperti Samsung, HTC, dan beberapa pemain baru seperti Acer dan Lenovo. Pada awal penetrasi pasar handphone berbasis robot hijau, Sony meluncurkan Xperia Z disusul beberapa varian Xperia Z dan juga pada akhir tahun ini Sony meluncurkan handphone high end terbarunya yaitu Xperia Z1 dengan prosesor quad-coreQualcomm Snapdragon MSM8974 Snapdragon 800 berkecepatan 2,2 GHz dan RAM 2 GB.

Xperia Z1 I merupakan handphone penerus seri Z namun dengan desain yang agak berbeda dan fitur yang lebih beragam. Salah satu fitur yang dibanggakan Sony dari Xperia Z1 adalah kamera yang mempunyai kemampuan luar biasa yaitu 20,7 megapixel. Fitur kamera berkemampuan besar inilah yang diperkirakan akan menjadi daya tarik utama Xperia Z1 dipasaran. Dengan kamera sebegitu besar maka user akan dimanjakan dengan kemampuan mengambil gambar dan video dengan kualitas yang lebih baik dari handphone sejenis yang ada dipasaran.

 

Dari sisi desain mungkin Sony melupakan sesuatu karena sepintas Xperia Z1 tampak sangat mirip dengan seri Z sang pendahulunya. Namun jika diamati dengan seksama Z1 mempergunakan rangka dari bahan aluminium dan tidak ada tutup di port 3,5mm. Handphone berbasis robot hijau ini semakin meninggalkan lawan-lawannya dalam perang robot kelas high end karena Sony Xperia Z1 dibuat tahan dicelupkan kedalam air walau port 3,5mm-nya dalam keadaan terbuka. Untuk port USB dan MicroSIM, Sony masih memberikan tutup port untuk melindungi dari air dan debu.

Untuk desain body, Sony masih menyematkan material kaca anti gores dan pecah seperti pada Xperia Z. Sementara pada sisi body yang lain ada tiga buah tombol fisik yaitu di di sisi kanan handphone yang berupa tombol power, tombol volume dan tombol shutter kamera. Dengan fitur tahan air Xperia Z1 bisa dipergunakan mengambil gambar dibawah air namun tidak untuk menerima telpon atau mengoprasikan layar.

Layar yang dipasang pada seri Z1 ini mempunyai kemampuan Full HD 1080 P dan didukung teknologi X-reality for Mobile dan didukung dengan sistem operasi Android 4.2.2. jelly bean yang membuat perang robot kelas high end dipasaran semakin sengit, pasalnya hampir semua handphone masih mempergunakan sistem Jelly Bean.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *