Pengembang Akhirnya Mencicipi Android N untuk Pertama Kalinya

By on March 12, 2016
3. Pengembang Akhirnya Mencicipi Android N Untuk Pertama Kalinya 2

Google memang dikenal selalu merilis sistem operasi (OS) baru buatan mereka, yaitu Android tiap tahunnya. Dan, tahun ini pula, perusahaan ini juga sudah mengumumkan akan merilis versi baru dari Android, yaitu Android N. Sama seperti tahun-tahun dan versi Android sebelumnya, Google akan meluncurkan versi developer preview sebelum merilis produk resminya.

Seperti namanya, versi ini diperuntukkan untuk para pengembang perangkat Android yang nantinya akan menggunakan versi baru ini. Seperti termuat dalam Inquirer, Kamis, 10 Maret 2016, kesempatan ini diberikan oleh Google agar OS ini nantinya dapat digunakan secara lebih baik dan sesuai dengan perangkat yang dikembangkan perusahaan-perusahaan tersebut. Ditambah lagi, versi ini diharapkan dapat membuat perangkat yang menggunakan OS ini semakin beragam.

Yang menarik, bila dibandingkan dengan tahun atau versi sebelumnya, versi preview untuk Android N ini terbilang berbeda. Hal ini juga diakui oleh Dave Burke, Vice President of Engineering Google.

Burke mengungkapkan, biasanya, Google melakukan hal ini atau meluncurkan versi developer preview ini pada event tahunan para pengembang perangkat Android. Setiap tahunnya, event ini digelar pada bulan Mei.

Ada berbagai alasan mengenai perilisan versi ini lebih awal. Burke mengungkapkan hal ini dilakukan agar Google mendapatkan lebih banyak waktu dan masukan dari para pengembang. Dengan lebih banyak waktu dan masukan, maka diharapkan nantinya Android N akan dapat lebih sempurna dari versi-versi sebelumnya.

Hal lain yang mungkin juga menjadi alasan diluncurkannya versi preview lebih awal adalah karena penggunaan banyak komponen baru pada OS ini. Misalnya, Google berencana untuk menggandeng Synaptic dalam penyediaan fitur mirip dengan 3D Touch dari Apple. Dan, OS Android N ini nantinya akan menggunakan fitur tersebut, yang tentunya dibutuhkan persiapan lebih banyak. Hal ini sesuai dengan misi Google yang ingin menjadikan fitur sentuhan ini menjadi fitur standar di semua perangkat Android terbaru.

Hal baru yang juga mungkin digunakan oleh Google pada Android N adalah sistem pemrogramannya. Sebelumnya, Google menggunakan Java untuk pemrograman OS Android. Namun, adanya tuntutan dari pembuat bahasa pemrograman ini membuat Google berencana untuk menggantinya dengan bahasa pemrograman yang lain. Dan, hal ini akan diterapkan mulai pada versi OS terbaru Android, dalam hal ini adalah Android N.

Android baru ini juga nantinya akan dilengkapi dengan fitur unik. Fitur unik ini adalah mode “Split-Screen”. Dengan mode ini, pengguna perangkat Smartphone atau tablet akan dapat mengakses dua layar yang berbeda pada waktu bersamaan. Dan, keduanya dapat berjalan dengan normal seperti saat diakses dengan menggunakan satu layar. Fitur ini sangat membantu untuk pengguna yang melakukan kegiatan multitasking dengan perangkat Android N mereka.

Android N

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *