OS Android Mendominasi Dunia

By on August 4, 2014
2. OS Android Mendominasi Dunia 2

Jika Anda sedang berada di tempat umum, coba Anda tengok kiri dan kanan Anda atau Anda perhatikan orang yang lalu lalang, bisa Anda pastikan bahwa mereka memegang smartphone ditangan mereka. Lebih jauh, smartphone yang mereka pegang pasti kebanyakan adalah Android. Hal ini bisa dilihat dari merek smartphone yang mereka pergunakan seperti Samsung, LG, HTC, Sony, Advance, Imo, Huawei, ZTE, dan banyak lagi. Mungkin Anda juga melihat orang dengan perangkat dari Apple seperti iPhone dan juga Blackberry namun sudah jelas jumlahnya tidak sebanyak OS Android.

Sistem operasi yang dibuat oleh Google, yaitu Android sudah mendominasi dunia dengan menguasai sekitar 85% pasar gadget dunia. Jumlah ini tentu saja mengalahkan berbagai OS saingain Android antara lain iOS dari Apple, Microsoft Windows Phone  dan Blackberry. Hal ini sangat mungkin karena sampai saat ini vendor yang bermain di pasar Android jumlahnya sangat banyak, mencapai ribuan perusahaan, sementara yang bermain dengan iOS hanya satu, Windows Phone juga hanya Microsoft, dan hanya ada satu blackberry.

Menurut satistis yang dilaporkan oleh lembaga riset Strategy Analysis, pengapalan perangkat pintar berupa tab dan smartphone mencapai 295,2 juta unit pada kuartal kedua 2014. Dari jumlah tersebut, OS Android mengusai sebagian besar diantaranya, yaitu sebesar 249,6 juta unit atau sebesar 84,6% pasar ponsel pintar secara global. Dilaporkan juga bahwa Android adalah satu-satunya OS yang mengalami pertumbuhan pasar jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2013  yang lalu.

Sementara untuk OS lain, semuanya mengalami penurunan yang sangat lumayan. Apple yang dahulu menjadi raja smartphone akhirnya hanya menempati posisi kedua dengan menguasai 11,9% pangsa pasar ponsel pintar dunia. iOS tahun ini mengalami penurunan yang agak drastis dari 13,4% pada waktu yang sama tahun lalu. Penurunan ini merupakan melemahnya permintaan terhadap perangkat buatan Apple.

Pada posisi ketiga ada Microsoft Windows Phone yang mengapalkan sekitar 8 juta unit perangkat ke seluruh dunia. Microsoft memang masih agak baru karena mereka baru saja memiliki divisi hardware smartphone dengan membeli unit bisnis ponsel pintar Nokia dengan harga yang sangat tinggi. Microsoft membeli Nokia beserta semua hak paten mereka dengan tujuan untuk mengaplikasikan patent tersebut ke perangkat Microsoft Windows Phone yang baru akan mereka luncurkan.

Posisi keempat adalah Blackberry. Perusahaan ini semakin lemah saja dalam melakukan penetrasi pasar smartphone. Hal ini berbanding terbalik dengan OS Android yang sangat agresif. Akibatnya, Blackberry hanya mampu mengapalkan sejumlah 1,9 juta perangkat tahun ini. Angka ini berarti penurunan yang sangat besar dari 2,4% menjadi 0,6% dari pangsa pasar smartphone global, bahkan blackberry diprediksi akan hilang dari peredaran pada tahun 2015 mendatang.

android, os android, hp android, samsung

BACA JUGA:

Google Android Auto – Apa itu

Update Android L Segera Meluncur Untuk Ponsel Berikut Ini

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *