Menjaga Smartphone Android dari Hal-Hal yang Tidak Diinginkan

By on February 15, 2016
A member of the media tries out a Samsung Electronics Co. Galaxy S III smartphone, displaying the Google Inc. home page, at a launch event in Seoul, South Korea, on Monday, June 25, 2012. Samsung, the world's largest handset maker, said the Galaxy S III will help mobile earnings surpass the first-quarter record, after users responded more positively to the latest smartphone model. Photographer: SeongJoon Cho/Bloomberg via Getty Images

Siapa yang tidak mengenal smartphone android? Hampir semua menggunakan perangkat yang satu ini. Sayangnya, semakin sering Anda membawa dan menggunakannya, Anda menjadi sering ceroboh. Anda sering meninggalkan smartphone kesayangan Anda tersebut di sembarang tempat.

Alhasil, bisa jadi data Anda dilihat oleh anak Anda. Parahnya lagi, Anda bisa kehilangan smartphone tersebut karena dicuri atau terjatuh. Karena itu, ada baiknya Anda memberikan proteksi atau perlindungan pada smartphone android kesayangan Anda.

Salah satu cara untuk melindungi smartphone Anda adalah dengan menggunakan kunci pengaman. Kunci pengaman tersebut bisa berupa PIN, password, atau pattern lock. Dengan menggunakan kunci pengaman tersebut, smartphone Anda tidak akan mudah dibobol.

Setidaknya, smartphone tersebut tidak mudah dibuka saat Anda meninggalkannya di rumah. Anak-anak pun akhirnya juga tidak akan bisa membuka smartphone Anda dan membuka semua data-data penting Anda.

Hal ini juga penting karena jika tidak mengetahui kunci pengamannya, pencuri juga akan lebih kesulitan untuk membobol smartphone Anda. Kendala lain adalah kecerobohan karena Anda suka mencoba aplikasi baru yang harus diunduh.

Seringkali file atau aplikasi tersebut membawa virus atau hal-hal berbahaya lainnya. Karena itu, saat akan mengunduh pastikan Anda sudah membaca ulasan dari pengguna sebelumnya. Pahami pula sistem dan kebijakan aplikasi yang akan Anda unduh.

Jika ada yang aneh dan tidak biasa, Anda harus was-was karena bisa jadi aplikasi tersebut mengandung virus atay malware yang berbahaya bagi smartphone kesayangan Anda. Ada baiknya pula mengunduh aplikasi dari portal resmi seperti Play Store.

Lebih lanjut lagi, jangan ceroboh dengan Wi-Fi Anda. Pasalnya, Anda sering lupa mematikan Wi-Fi padahal Anda tidak menggunakannya. Mungkin ini terlihat sepele tetapi Anda patut waspada karena Wi-Fi yang terbuka tanpa kunci pengaman sering dimanfaatkan oleh hacker. Dengan kecerobohan tersebut, hacker akan mencuri data penting yang ada di smartphone android Anda.

Untuk menghindari pencurian data, maka pastikan Wi-Fi mati saat tidak digunakan. Selain itu, ada baiknya untuk tidak melakukan transaksi perbankan secara online menggunakan Wi-Fi publik misalnya di restoran atau tempat-tempat umum lainnya.

Seringkali, anak-anak justru mengetahui berbagai hal lewat smartphone android Anda. Karena itu, ada baiknya memberikan perlindungan password sehingga anak Anda tidak mudah membuka smartphone milik Anda tersebut.

Bahkan, sekarang Anda bisa memasang android device manager. Aplikasi ini sangat penting untuk smartphone android Anda karena fungsi pengamannya. Contohnya, saat smartphone hilang aplikasi ini akan membantu mencari smartphone tersebut.

Bahkan, aplikasi ini juga mampu menghapus semua data di ponsel. Fungsi ini sangat penting jika smartphone Anda ternyata hilang karena dicuri. Nah, dengan perlindungan seperti ini semoga saja smartphone kesayangan Anda menjadi memiliki perlindungan lebih. Smartphone menjadi tidak mudah dibobol dan meminimalisir pencurian data saat dicuri.

Smartphone Android

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *