Mengatasi Kesulitan Mengunduh Aplikasi Baru pada Smartphone

By on March 21, 2016
1.Mengatasi Kesulitan Mengunduh Aplikasi Baru pada Smartphone2

Ada kalanya, smartphone Anda mengalami kendala. Salah satu kendalanya adalah sulit menginstall atau mengunduh aplikasi baru padahal memori internal Anda masih luas. Sebenarnya, ada pada dengan smartphone kesayangan Anda tersebut? Bagaimana cara mengatasi masalah seperti ini?

Sebelumnya, Anda harus mengetahui bahwa memori internal merupakan memori bawaan smartphone. Memori ini digunakan dengan pembagian tertentu. Salah satunya adalah memori internal yang dibagi menjadi tiga partisi.

Partisi pertama digunakan untuk sistem dalam smartphone. Partisi kedua digunakan untuk aplikasi bawaan. Partisi ketiga digunakan untuk menyimpan data.  Lalu, di mana masalahnya hingga Anda sulit menginstall aplikasi padahal memori internal masih luas?

Hal ini terjadi karena partisi untuk aplikasi memang sudah hampir penuh. Tidak heran jika Anda akan melihat keterangan “Ruang penyimpanan tidak tersedia” setiap kali akan mengunduh atau menginstall aplikasi baru pada smartphone Anda.

Caranya adalah menambahkan memori eksternal. Memori tambahan ini dijual terpisah dan dipasangkan pada port SD-card. Setelah terpasang, pindahkan beberapa aplikasi ke memori eksternal ini. Tidak semua aplikasi bisa dipindah ke memori eksternal. Sayangnya, tidak ada cara cepat sehingga Anda harus memeriksa aplikasi yang ada pada smartphone Anda satu per satu.

Lakukan pemeriksaan melalui fitur Setting, Apps, dan pilih Downloaded.  Cara lainnya adalah dengan membagi ulang partisi yang ada. Walaupun begitu, caranya sedikit lebih rumit. Anda harus mencari tahu mengenai forum yang dibuat oleh brand smartphone Anda.

Anda bisa menanyakan secara langsung mengenai bagaimana membagi ulang partisi pada smartphone Anda tersebut. Ada baiknya pula menelusuri thread yang ada dalam forum tersebut karena biasanya sudah dijelaskan. Jika sudah menemukan caranya langsung coba langkah-langkahnya. Semoga dengan menggunakan langkah-langkah membagi ulang partisi tersebut, memori khusus aplikasi bisa lebih luas sehingga Anda bisa mengunduh atau menginstall aplikasi baru tanpa kesulitan lagi.

Jika kesulitan ini bisa terselesaikan, Anda bisa mencoba menjaga agar memori internal tetap hemat ruang. Cobalah untuk menginstal beberapa aplikasi yang bisa menghemat penggunaan memori internal Anda.

Salah satunya adalah aplikasi bernama Gallery Doctor. Aplikasi ini membantu Anda untuk menghemat memori internal karena akan menghapus foto-foto yang tidak diperlukan pada Gallery. Nantinya, foto-foto dengan detail tertentu seperti foto blur, foto duplikasi, ataupun foto dengan pencahayaan yang kurang pas akan dihapus secara otomatis oleh aplikasi ini.

Jika ingin cara yang manual, tentu Anda bisa langsung memilih aplikasi mana yang harus dipertahankan dan aplikasi mana yang harus dihapus. Dengan menghapus beberapa aplikasi dan item-item yang jarang sekali Anda gunakan, memori internal akan lebih longgar sehingga Anda bisa mengunduh aplikasi baru yang lebih Anda butuhkan. Selamat mencoba cara di atas dan semoga masalah Anda bisa diatasi sehingga smartphone bisa digunakan kembali seperti semula.

Smartphone

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *