Memilih Quad Core atau Octa Core

By on June 16, 2015
2. Memilih Quad Core atau Octa Core 1

Jika Anda saat ini sedang hendak membeli sebuah ponsel, maka pertimbangan utama Anda dalam memilih sebuah ponsel mungkin adalah jumlah core atau inti pada prosesor perangkat tersebut. Hal ini sudah benar karena selama ini ada anggapan bahwa prosesor dengan jumlah core lebih banyak maka lebih bagus kinerjanya. Anggapan ini tak salah namun juga tak benar 100%.

Jika selama ini Anda mengira sebuah prosesor dengan banyak inti adalah lebih baik, maka Anda harus memikirkanya kembali. Tak selamanya chipset dengan lebih banyak prosesor adalah lebih baik. Yang mungkin Anda tak tahu adalah bahwa setiap core di chipset adalah unit pemroses yang bisa terpisah satu sama lain atau justru menjadi satu. Setiap core dikendalikan dengan software yang mengatur frekuensi kerja di setiap prosesor. Jika Anda hanya mengerjakan hal-hal ringan, maka yang akan dipergunakan Cuma 1-2 core prosesor saja, namun jika Anda sudah bermain game 3D maka semua core prosesor akan digunakan dalam pemrosesan.

Oleh sebab itu beberapa produsen chipset mempergunakan struktur yang berbeda dalam memproduksi chipset mereka. Seperti pada ARM yang mempergunakan struktur big. LITTLE dalam chipset yang mereka buat. Sementara Intel masih terkesan mandeg dengan struktur chipset quad core-nya. Struktur ini jelas mempengaruhi kinerja sebuah prosesor.

Saat ini yang paling banyak dipakai adalah prosesor buatan ARM. Perusahaan prosesor nomor satu ini menjalin kerjasama dengan hampir semua vendor smartphone dan juga perusahaan chipset untuk menyediakan prosesor bagi mereka. Qualcomm, Mediatek, nVidia, Samsung, TMSC, dan juga Huawei, semuanya memakai prosesor ARM dan mempergunakan struktur big.LITTLE sementara Intel menciptakan struktu prosesor milik mereka sendiri.

Sebuah prosesor octa core buatan ARM memiliki dua buah chip prosesor quad core sehingga secara keseluruhan terdapat 8 prosesor atau octa core.  Pada penggunaan ringan sebuah prosesor saja yang berkerja sehingga baterai menjadi lebih awet, semakin berat, maka semakin banyak prosesor yang bekerja.

Sementara pada prosesor buatan Intel, mempunyai struktur yang berbeda yaitu dengan ideologi quad core. Namun walaupun hanya mempunyai 4 core, prosesor Intel dibekali dengan teknologu Hyper Threading yang membuat prosesor bekerja jauh lebih efisien dan cepat sehingga seolah-olah memiliki delapan inti prosesor.

Oleh sebab itu bisa dikatakan jika quad core saat ini masih lebih baik dari octa core, alasanya mudah, karena chipset octa core tidak mempergunakan prosesor mereka secara bersama-sama, mungkin hanya satu atau dua untuk menjalankan sebuah game. Sementara pada chipset quad core, dengan game yang sama, maka keempat prosesor bekerja bersama-sama, jadi kinerja maksimal lebih terlihat pada prosesor quad core. Jadi jika Anda hanya akan mempergunakan ponsel untuk browsing dan aktif di media sosial maka prosesor quad core lebih baik dari octa core.

Quad Core

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *