Mekanisme Mata-Mata Lewat Android

By on December 11, 2013
4.Mekanisme Mata-Mata Lewat Android1 - Copy

Berita mengenai penyadapan yang dilakukan oleh intelijen Australia pada beberapa pejabat tinggi Indonesia termasuk Presiden dan Ibu Negara akhir-akhir ini menjadi salah satu berita yang menghebohkan di Indonesia karena dianggap melanggar privasi dan hak kadaulatan negara. Rupanya praktek penyadapan ini sudah dilakukan cukup lama melalui jaringan serat optik yang mendukung sistem komunikasi yang ada saat ini.

Penggunaan ponsel pintar yang semakin luas di tengah masyarakat dunia saat ini rupanya juga tidak terbebas dari resiko pencurian informasi yang dilakukan oleh pihak intelijen suatu negara misalnya NSA. NSA menyadap beragam kanal informasi tidak hanya di Indonesia melainkan juga di seluruh dunia secara ilegal. Pengguna ponsel Android yang tersebar luas di seluruh dunia mengingat Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia juga perlu waspada karena NSA juga menyadap Google dan Yahoo secara ilegal.

Ada beberapa fitur Android yang berguna untuk praktik mata-mata lewat Android. Anda mungkin menggunakan fitur Location Access dan setiap kali Anda mengaktifkan fitur ini, Google mampu melacak keberadaan Anda. Bagi pengguna fitur ini pada ponsel Android mereka, mereka bisa mendapatkan keuntungan karena Google akan mengetahui lokasi Anda termasuk memberikan informasi mengenai cuaca, acara perjalanan, dan bahkan tempat yang menarik di sekitar lokasi Anda berada.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk melacak ponsel yang hilang secara online dengan cara mengaktifkan fitur Device Manager Android. Namun, fitur yang berguna ini berarti pula bahwa Google memiliki log lokasi Anda. Posisi Anda juga akan semakin mudah ditemukan terutama jika Anda menggunakan Path yang memang berguna untuk membagi informasi keberadaan Anda kepada teman.

Praktik mata-mata lewat Android juga bisa terjadi ketika Anda memindai jaringan WiFi yang bisa diakses di lokasi terdekat. Begitu memindai jaringan WiFi, perangkat ponsel pintar ini akan mengunggah data anynomous ke jaringan WiFi dan menara selular ke Google, tetapi data anonim ini tak lagi anonim jika NSA meminta data pengguna dari Google.

Google juga bisa memonitor Anda ketika Anda menggunakan WiFi dengan password. Jika Anda mengaktifkan Back up my data, secara otomatis Google akan membuat cadangan data WiFi ke cloud storage yang sudah bukan hal asing dewasa ini. Cadangan data yang tersimpan di cloud storage ini juga terekam pada data Google.

Pengguna email Gmail tentu akan berada di bawah cengkeraman Google sehingga Google memiliki informasi mengenai data kontak dan kalender Anda melalui akun Gmail Anda. Google Chrome merupakan perambaan bawaan pada ponsel Android dengan beragam kelebihan yang ditawarkan sehingga Google pasti memiliki data mengenai riwayat perambaan, tab, dan sebainya termasuk kata sandi yang meskipun dienkripsi bisa dideskripi jika NSA memaksa.

Praktik mata-mata lewat Android juga bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Miscellaneous App Data. Selain itu, foto, panggilan, dan SMS juga bisa disadap datanya karena pada dasarnya Google mempunyai data aplikasi tersebut.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *