Masalah Pada Kamera Samsung Galaxy S4 Dan Bagaimana Solusinya

By on January 28, 2014
Masalah Pada Kamera Samsung Galaxy S4 Dan Bagaimana Solusinya

Samsung Galaxy S4 yang selanjutnya disebut S4 saja merupakan produk andalan vendor asal Korea tersebut. Desain dan spesifikasinya memperlihatkan bahwa ponsel pintar ini diperuntukkan pada kalangan menengah ke atas. Salah satu keunggulan dari S4 adalah kameranya. Dengan resolusi hingga 13 MP, S4 menjadi salah satu ponsel pintar yang diminati. Namun besarnya resolusi tersebut belum tentu menjadikan S4 mempunyai kamera terbaik. Ternyata banyak keluhan terhadap performa kamera dari S4. Kamera S4 mempunyai beberapa masalah yang membuat penggunanya kurang nyaman.

Sebenarnya keluhan terhadap S4 bukan hanya pada kameranya. Namun karena kamera adalah komponen yang terpenting untuk perangkat android, maka dirasa perlu untuk membahasnya. Bayangkan ponsel pintar android tanpa kamera pasti fasilitas pada android akan menjadi percuma. Masalah pertama pada kamera S4 adalah mendadak berhenti beroperasi. Istilah yang sering digunakan adalah crash. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan restart ponsel anda. Jika dengan restart belum menyelesaikan masalah, Anda harus melakukan clear cache and data.

Masalah berikutnya adalah failed kamera dimana pada ponsel Anda akan muncul peringatan ‘Camera Failed’. Kemudian ponsel Anda akan mengalami hang dalam beberapa detik dan kembali ke menu home. Jika terjadi seperti ini, solusinya adalah melakukan clear cache and data. Selain itu, Anda juga dapat melakukan wipe cache partition. Dengan cara ini Anda dapat membersihkan cache yang dapat mengganggu performa ponsel Anda terutama kameranya. Jika kedua langkah tersebut tidak berhasil, gunakan cara reset pabrik. Namun jangan lupa untuk memback-up data sebelum Anda melakukan langkah ini.

samsung galaxy,galaxy s4, android, smartphone, gadget

Kamera S4 juga bermasalah pada flashnya. Seringkali flash kameranya tidak berfungsi. Beberapa penyebabnya antara lain efek filter, settingan flash nonaktif dan aplikasi kamera yang tidak kompatibel. Selain itu, masalah ini juga disebabkan oleh lowbat, flash rusak dan software yang tidak update. Untuk mengatasinya, Anda harus menonaktifkan efek filter, uninstall kamera aplikasi dan isi baterai. Agar lebih sempurna, lakukan pemeriksaan fisik terhadap ponsel, update software dan bersihkan flash kamera.

Masalah berikutnya pada kamera S4 adalah lensa yang retak atau tergores. Untuk masalah ini, Anda harus membawa ponsel Anda ke service center. Kemudian, kamera S4 juga rawan terkena blank screen. Pada kondisi ini, muncul layar hitam saat Anda membuka kamera. Masalah ini muncul karena ponsel Anda mengalami hang saat akan menjalankan aplikasi kamera. Solusinya adalah dengan soft reset atau tutup aplikasi yang ada di background.

Masalah lain pada kamera S4 ini adalah overbrightness dan kamera yang restart sendiri. Overbrightness membuat hasil jepretan kamera pada ponsel ini menjadi tidak jelas. Untuk masalah restart sendiri, sering terjadi saat switch dari kamera depan ke belakang atau sebaliknya. Masalah ini hanya dapat diselesaikan oleh service center.

 samsung galaxy,galaxy s4, android, smartphone, gadget

BACA JUGA:

Samsung Galaxy S5 Pun Memakai Fingerprint

Aplikasi Edukasi Geografi Dalam Andriod Yang Bisa Menambah Wawasan Anda

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *