Jumlah Inti Snapdragon 820 Ternyata Berkurang!

By on April 3, 2016
2. Jumlah Inti Snapdragon 820 Ternyata Berkurang! 2

Qualcomm menjadi salah satu brand untuk chipset prosesor yang cukup dikenal dan digunakan oleh berbagai perangkat mobile. Dan, kabar terbaru dari produsen ini adalah mereka meluncurkan seri chipset prosesor terbaru mereka, Snapdragon 820, untuk kawasan Asia Tenggara.

Snapdragon 820 sendiri sudah digunakan oleh beberapa perusahaan pembuat perangkat mobile pada produk-produk kelas premium mereka. Artinya, chipset ini memang mampu memberikan peforma yang memuaskan. Fitur-fitur yang ada didalamnya juga mengalami pengingkatan.

Tetapi, ada satu hal yang mungkin mengganggu para pengamat dan penggemar produk dengan chipset ini. Hal tersebut adalah jumlah inti dari prosesor terbaru ini.

Diketahui, bila jumlah inti dari prosesor terbaru Qualcomm ini tidak sebanyak versi sebelumnya. Versi sebelumnya, yaitu Snapdragon 810, mempunyai jumlah inti sebanyak 8 inti atau bertipe Octa Core. Namun, pada Snapdragon 820, jumlah inti yang disematkan oleh Qualcomm hanya 4 inti. Dengan inti hanya sebanyak ini, maka banyak pengamat gadget meragukan, apakah kemampuan chipset terbaru ini akan sebaik Snapdragon 810.

Menurut Peter Carson, Senior Marketing Qualcomm, keputusan mereka mengurangi jumlah inti pada produk terbarunya ini tidak akan mempengaruhi performanya. Meskipun prosesor ini hanya memiliki 4 inti, namun performanya akan tetap memuaskan. Sayangnya, Qualcomm tidak menjelaskan alasan mereka mengurangi jumlah inti pada Snapdragon 820.

Di lain sisi, produk dari saingan mereka, MediaTek, mengalami peningkatan dalam jumlah inti di produk prosesor terbaru mereka. Seperti pada MediaTek Helio X20, mereka menggunakan hingga 10 inti atau Deca Core.

Seperti diketahui, jumlah inti mempengaruhi peforma prosesor tersebut. Tetapi, Qualcomm masih tetap yakin, bila produk terbaru mereka akan memberikan performa yang memuaskan.

Kepercayaan diri Qualcomm ini datang dari banyaknya fitur yang berguna yang mereka tanamkan pada produk terbaru mereka ini. Misalnya, fitur Trupalette-Ecopix yang dapat membuat tampilan lebih baik lagi dengan memaksimalkan kepadatan piksel serta kedalaman warna. Fitur lainnya adalah prosesor ini juga lebih hemat daya baterai. Mungkin pengurangan jumlah inti digunakan untuk memaksimalkan fungsi dari fitur-fitur ini.

Fitur yang mengatur kedalaman warna dan kepadatan piksel ini juga sangat berguna untuk pengguna gadget yang sering menggunakan gadget mereka di luar ruangan. Cahaya dari matahari tidak akan mengganggu tampilan di layar gadget mereka. Hal inilah yang dapat membuat mata pengguna gadget tidak cepat lelah.

Fitur pengatur tampilan yang ada pada chipset Snapdragon 820 juga menjadi salah satu fitur pendukung untuk fungsi penghematan daya baterai. Dengan fitur ini, perangkat mobile akan dapat mengatur back-light tampilan secara otomatis dan menyesuaikannya dengan cahaya di ruangan tempat pengguna menggunakannya. Bahkan, fitur ini dapat menghemat penggunaan daya untuk layar hingga 30 persen.

Snapdragon 820

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *