Ini Dia Indikasi Smartphone Anda Disadap

By on April 22, 2016
2.Ini Dia Indikasi Smartphone Anda Disadap1

Pernah terpikir jika smartphone kesayangan Anda sedang disadap oleh seseorang? Atau Anda ingin mengetahui bagaimana bisa sebuah smartphone bisa disadap? Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengetahui jika smartphone milik Anda sedang disadap atau tidak.

Salah satunya adalah dengan mengenali apakah ada suara-suara yang mengganggu saat Anda melakukan percakapan melalui smartphone. Jika sering sekali terdengar suara aneh yang tidak seharusnya, maka bisa jadi smartphone Anda sedang disadap.

Suara yang keluar tersebut dianggap tidak wajar karena saat ini teknologi sudah menggunakan jaringan digital. Dengan jaringan digital, suara yang tidak perlu bisa diminimalisir bahkan dihilangkan sehingga suara lebih jernih dan jelas.

Selain suara yang mengganggu, Anda juga harus curiga jika kapasitas baterai Anda menurun secara tiba-tiba padahal Anda menggunakan smartphone secara normal. Kapasitas baterai menurun saat disadap karena semua aktivitas smartphone sedang dipantau dan dikirimkan oleh pihak lain.

Aktivitas ini tetap menggunakan tenaga dari baterai Anda. Bahkan, adakalanya smartphone tersebut akan terus merekam percakapan walaupun Anda sedang tidak menelepon atau memegang ponsel. Pastikan dengan membandingkan performa baterai pada ponsel sejenis yang masih normal.

Tentu saja, kapasitas baterai yang menurun bukan berarti smartphone Anda selalu disadap. Bisa saja baterai smartphone Anda sedang rusak. Anda pun patut curiga jika saat ponsel tidak digunakan tetapi ternyata tetap bekerja.

Contohnya, ada kalanya ponsel Anda tiba-tiba menyala sendiri walaupun tidak sedang Anda sentuh. Selain itu, ada suara-suara yang muncul padahal Anda sedang tidak menelepon. Juga jika ponsel Anda seringkali melakukan restart sendiri walaupun tidak Anda perintahkan.

Ciri-ciri semacam itu adalah ciri umum smartphone Anda sedang disadap oleh orang lain. Ciri umum lain adalah saat proses shutdown. Saat tidak ada aktivitas lagi, maka smartphone akan melakukan shutdown dengan waktu normal atau relatif cepat.

Berbeda dengan saat disadap, maka smartphone akan melakukan proses shutdown yang lebih lama dari biasanya. Hal ini dikarenakan smartphone Anda masih harus terus mengirimkan data-data dan tidak bisa dimatikan secara langsung.

Mungkin saat ini Anda sedang sering menerima teks yang tidak jelas melalui smartphone Anda. Biasanya teks tersebut berupa nomor dan simbol atau karakter yang tidak bisa dibaca. Hal ini patut diwaspadai karena fitur remote control untuk menyadap ponsel biasanya harus mengirimkan teks terlebih dahulu ke ponsel yang akan disadap.

Umumnya, teks ini akan muncul saat smartphone Anda error atau tidak bekerja dengan seperti biasanya. Selain kapasitas baterai yang menurun, ciri lain smartphone disadap adalah suhu baterai. Biasanya, suhu baterai akan meningkat dan menjadi hangat padahal aktivitas ponsel normal.

Tentu saja karena bisa jadi ponsel Anda sedang mengirimkan data penting kepada pihak penyadap. Kadangkala penggunaan data pada smartphone Anda juga tidak wajar. Pasalnya, teknologi penyadap memerlukan data tambahan untuk proses pengiriman informasi. Intinya, semua ciri tersebut hanya indikasi awal saja dan Anda tetap harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya.

Smartphone

About Melisa

2 Comments

  1. andri

    August 10, 2016 at 6:42 pm

    Apakah termasuk disadap klo saya sdng telp sesama kartu mentari tiba” putus dgn sendiri nya. Mohon bantuan info nya doong

    • Melisa

      September 1, 2016 at 7:56 am

      Hello, maaf atas keterlambatannya. Jika masalah yang timbul dengan sebuah provider, kami tidak bisa apa2. Jika Anda merasa disadap, Anda bisa Googling tentang penyadapan dan melaporkan kasus ini ke pihak berwenang, karena ini termasuk cyber crime loh. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *