Hematlah Kuota Internet yang Semakin Mahal

By on July 17, 2015
3. Hematlah Kuota Internet Yang Semakin Mahal 1

Saat ini kuota internet dirasakan semakin mahal harganya. Hal ini mungkin karena peningkatan yang terus-terusan dilakukan oleh operator, antara lain menggelar jaringan 4G. Memang kadang tanpa disadari kuota internet cepat habis padahal Anda merasa tidak menggunakannya secara berlebihan.

Memang mungkin Anda merasa tidak menggunakan secara berlebihan, namun perlu diketahui ada game-game dan juga aplikasi yang membutuhkan banyak koneksi internet dan selalu terhubung ke internet. Game-game seperti HayDay, GetRich, COC, aplikasi FB, forum dan juga game online lain sangat cepat menghabiskan koneksi internet.  Jadi walaupun Anda hanya membuka aplikasi tersebut sebentar, data yang dipakai sudah cukup besar.

Selain itu ada juga aplikasi yang bekerja dibalik layar seperti FB yang selalu terkoneksi ke internet dan mengirimkan kepada Anda notifikasi jika ada teman Anda yang komentar atau buat status. Aplikasi lain yang juga bekerja di belakang layar adalah GPS dan juga Map. Mereka membutuhkan  koneksi setiap saat dan tak hera jika kuota internet Anda cepat sekali habisnya. Jika Anda merasa konsumsi data Anda  terlalu besar, maka ada banyak cara untuk menghematnya.

Sebenarnya Google menyediakan sebuah set program untuk user yang berguna untuk merapihkan dan mengatur koneksi internet serta menghematnya. Jika Anda penasaran ingin akses data Anda lebih hemat, coba cara dibawah ini.

Gunakan Chrome Data Saver

Jika Anda menggunakan browser buatan Google yatu Chrome, maka ada fitur data saver yang bisa dipergunakan untuk menghemat data yang Anda akses. Fitur ini  berfungsi untuk mengkompres pengiriman data yang didownload oleh perangkat Anda sehingga jumlah data yang Anda pergunakan akan berkurang banyak. Walaupun dikompres namun kualitas gambar, video dan juga laman tak akan berkurang. Cara mengaktifkan fitur ini mudah yaitu dengan masuk ke setting Google Chrome  dan cari tulisan Data Saver. Klik menu tersebut untuk mengaktifkan mode hemat kuota internet pada smartphone Anda.

Matikan Sync Akun dan Aplikasi yang tak digunakan

Mematikan fitur Sync untuk Gmail, Drive, backup, kalender, cuaca, peta dan berbagai macam media sosial bisa menghemat kuota data Anda banyak sekali. Sync atau sinkronisasi akun tak hanya akan menghemat kuota internet Anda namun juga menghemat baterai smartphone. Aktifkan saja mana yang Anda kira perlukan. Jangan lupa juga untuk mengubah settiing update smartphone Anda ke fitur WiFi only sehingga pada saat smartphone Anda melakukan update aplikasi otomatis, kuota Anda tak akan berkurang.

Jika butuh Peta, simpan untuk penggunaan offline

Peta membutuhkan koneksi yang banyak, selain untuk streaming Peta juga untuk mendownload informasi-informasi yang diperlukan, arah dan juga lokasi-lokasi penting. Untuk menghemat kuota, maka sebaiknya Anda unduh saja peta tersebut agar bisa dipergunakan secara offline. Hal ini sangat berguna untuk menghemat data dan juga ketika Anda tersesat di suatu daerah yang belum terkover oleh jaringan internet.

Kuota Internet

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *