Hati-Hati Ada Antivirus Palsu pada Android

By on April 10, 2014
6. Hati-Hat! i Ada Antivirus Palsu pada Android 1

Anda pengguna perangkat berbasis Android? Jika iya, Anda wajib berhati-hati. Pasalnya baru-baru ini muncul kabar bahwa terdapat antivirus palsu yang beredar di perangkat Android. Yang mengherankan adalah antivirus palsu ini menjadi aplikasi top Android. Munculnya aplikasi antivirus palsu ini merupakan rangkaian dari banyaknya malware yang terus merajalela di platform Android. Pihak pencipta antivirus palsu pun memanfaatkan situasi ini. Kemunculan aplikasi antivirus yang ternyata palsu ini bagaikan solusi terbaik di tengah kekhawatiran yang melanda para pengguna perangkat Android. Tentu saja pengembang aplikasi antivirus palsu ini mendapatkan keuntungan yang melimpah karena ada begitu banyak pengguna Android yang mengunduh aplikasi antivirus palsu ini.

Aplikasi antivirus palsu ini dinamakan Virus Shield. Untuk mendapatkan aplikasi ini tidaklah gratis. Pengguna harus membayar untuk dapat mengunduh aplikasi ini. Karena jumlah pengunduh aplikasi antivirus palsu ini sangat besar, kini aplikasi antivirus ini menjadi salah satu aplikasi yang populer di Google Play Store. Tak tanggung-tanggung rating dari aplikasi antivirus palsu ini mencapai 4,7 bintang. Android Police kemudian melakukan penelusuran. Hasilnya cukup mengagetkan. Ternyata aplikasi Virus Shield ini tidak melakukan apa-apa alias tidak memiliki kemampuan untuk mendeteksi malware berbahaya dan menonaktifkannya. Jadi sia-sia saja para pengguna yang telah mengunduh aplikasi yang satu ini karena aplikasi antivirus ini tidak melindungi perangkat Android mereka dari serangan virus yang berbahaya.

aplikasi android, antivirus palsu, android anti virus, anti virus

Android Police dalam melakukan penelusuran membedah kode aplikasi Virus Shield. Dari hasil penelusuran, Android Police menunjukan bahwa aplikasi antivirus yang bernama Virus Shield ini hanya bisa menampilkan tanda silang (X) dan mengubah tanda silang ini menjadi tanda contreng (v) saat pemeriksaan dinyatakan sudah selesai oleh aplikasi antivirus ini. pengembang aplikasi antivirus ini kini tidak diketahui keberadaannya dan alamat emailnya pun tidak dapat dihubungi. Tahukah Anda berapa harga yang diberandol oleh pengembang untuk bisa mendownload aplikasi antivirus Virus Shield ini? Harganya cukup mahal, yaitu $3,99.

Informasi terakhir menyebutkan bahwa hingga hari Minggu kemarin, aplikasi Virus Shield ini sudah mencapai angka unduhan hingga lebih dari 10.000 dan menduduki posisi pertama aplikasi berbayar yang paling terkenal di toko Google Store hanya dalam waktu 1 minggu saja. Sebagai iming-iming, aplikasi Virus Shield menuliskan kalimat atau frase ‘hemat baterai’, melindungi secara real-time’, dan ‘tidak akan penuh dengan iklan’. Android Police juga menduga bahwa pengembang sengaja melampirkan review-review palsu untuk menarik perhatian calon pengunduh. Para pengguna aplikasi Virus Shield kemudian ikut terpengaruh oleh adanya review-review palsu yang terdengar positif ini. Lebih dari 2.600 pengguna yang ikut serta merekomendasikan  aplikasi ini kepada para calon pengguna lainnya. Tak heran jika aplikasi berbayar ini menduduki peringkat pertama untuk kategori aplikasi berbayar terpopuler.

aplikasi android, antivirus palsu, android anti virus, anti virus

BACA JUGA:

Aksi Canggih Google Untuk Memerangi Pembajakan

Android Semakin Berkembang, Apple Khawatir

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *