Google Android L – Penerus Kit Kat?

By on June 28, 2014
3. Google Android L - Penerus Kit Kat 1

Secara diam-diam ternyata Google telah menyiapkan Android versi terbarunya. Namun kali ini nama androidnya haanya satu huruf saja yaitu “L”. apakah ini adalah generasi Android setelah KitKat. Seperti diketahui bahwa Google biasanya memberi nama androidnya sesuai huruf. Yang terakhir adalah Android KitKat yang diawali huruf “K”, namun kenapa kali ini hanya diberi nama satu huruf saja, walaupun huruf tersebut memang urutan setelah huruf “K”. terlepas dari permasalahan nama, Google rupanya telah mengumumkan versi terbaru yang diberi nama Google Android L ini.

Google mengumumkan Android L ini pada acara Google I/O yang sedang berlangsung saat ini, namun rupanya yang diperkenalkan dalam acara Google I/O ini belum merupakan versi final alias masih versi beta. Dalam rilisnya, yang akan pertama kali mempergunakan OS Android L ini adalah Google nexus yang merupakan ponsel resmi milik Google. Vendor diluar Google yang akan pertama kali mendapat jatah mempergunakan OS versi baru ini adalah vendor HTC dari taiwan.

Salah satu ponsel andalam HTC yaitu HTC One M8 akan memdapatkan anugrah mempergunakan OS Google Android L untuk pertama kali dalam update berikutnya. Selain HTC One M8, ponsel lain yang juga mendapat OS Android L ini adalah HTC One M7. Namun selain kedua ponsel tersebut, HTC belum bisa memastikan apakah ponsel yang lain juga mendapat upgrade yang sama.

Namun lebih lanjut HTC mengkonfirmasi bahwa kedua smartphone mereka tidak akan secara langsung mendapat upgrade Android L. Paling cepat kedua ponsel tersebut akan mendapatkan upgrade Android L adalah tiga bulan atau 90 hari setelah vendor HTC menerima software Android L versi final dari Google. Oleh sebab itu yang nantinya akan mempergunakan Android L secara penuh pertama kali adalah Google Nexus.

Google memperkenalkan Android L pada ajang Google I/O adalah untuk memberitahu para pengembang bahwa Google saat ini sedang mengerjakan OS Android terbaru, sehingga para pengembang bisa bersiap-siap dalam membuat aplikasi yang bisa berjalan pada Android L tersebut. Dengan memperkenalkan secara lebih dini, para pengembang bisa mendapatkan gambaran lebih jelas OS ini lebih cepat.

Memang pengumuman Google ini dirasa terlalu cepat karena biasanya mereka merilis Android versi terbaru pada akhir tahun. Jadi bisa dipastikan bahwa Google akan merilis Google Android L pada akhir tahun ini dan pemilik HTC one M7 dan M8 harus menunggu 6 bulan lagi dan pemilik smartphone yang lain harus menunggu tahun depan yang artinya bisa bulan Februari atau Maret. Yang menjadi kelebihan dari Android L menurut Google adalah kemampuan OS ini dalam menghemat baterai. Anda tertarik? Tunggu saja tahun depan.

google android, android l, kit kat, android kit kat, android

BACA JUGA:

Microsoft Office Layar Sentuh Hadir Untuk Android Lebih Dulu

Android Motorola Moto G Hanya Bisa Dibeli Secara Online

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *