Google Android Auto – Apa itu

By on June 30, 2014
2. Google Android Auto - Apa itu 2

Jika Anda bertanya apa itu Google Android Auto maka jawabanya sudah jelas yaitu Android yang khusus dipergunakan untuk automobile alias mobil. Google melebarkan sayapnya dengan meluncurkan satu lagi versi Android yang bukan untuk smartphone, walau pada akhirnya Android ini juga menghubungkan pemilik dengan smartphone miliknya. Android auto diperkenalkan oleh Google pada ajang Google I/O beberapa hari yang lalu, bersamaan dengan pengumuman tentang Android TV, Android Wear, dan juga OS Android L terbaru.

Menurut Google, Android Auto ini akan ditanam pada mobil dengan user interface pada bagian dashboard mobil. Fungsi utama Android Auto ini adalah menghubungkan pengemudi dengan smartphone mereka saat mengemudi dengan aman. Pada dasarnya segala perintah dilakukan dengan cara berbicara kepada Android Auto ini dan aplikasi ini akan melakukan perintah yang disuruh dengan tepat dan cepat.

Pada perkenalanya di ajang Google I/O, Android Auto diperkenalkan sebagai aplikasi yang memanfaatkan OS Android L yang akan dirilis pada akhir tahun ini. Namun demi kenyamanan dan keamanan pengemudi maka tampilan antarmuka pada Android Auto diubah agar cocok untuk ditempatkan pada dashboard mobil dan bisa dipergunakan secara mudah oleh pengemudi yang sedang sibuk menyetir.

Google Android Auto ini diperkirakan juga akan dirilis pada akhir tahun ini dan diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang sibuk mempergunakan smartphone mereka saat mengemudi. Fitur-fitur yang ada pada Android Auto antara lain adalah peta diital, navigasi Google Maps, pesan teks dan juga Play Music. Selain itu Android Auto juga kompatibel dengan tombol-tombol yang ada pada dashboard dan juga stir pengemudi.

Google mengatakan bahwa Google Android Auto telah disetujui untuk dipergunakan pada sekitar 40 merek produsen mobil diseluruh dunia. Mereka setuju untuk menambahkan fitur Android Auto ini pada dashboard mereka dan diantara pada produsen mobil tersebut ada Honda, Audi, Ferrari, General Motors, Hyundai, KIA dan banyak lagi. Jadi sebental lagi mobil-mobil keluaran akhir tahun ini akan mempunyai kemampuan Android didalam sistem mereka dan mungkin saja fungsi Android Auto akan lebih dari sekedar menampilkan peta, lagi dan mengirim pesan, pasti ada beberapa kejutan lain dari aplikasi ini.

Secara umum Android Auto cara kerjanya mirip dengan CarPlay yang dibuat oleh Apple, yaitu apa yang tampil di layar dashboard merupakan tampilan yang sama pada layar smartphone Anda. Oleh sebab itu Android Auto disebut juga penghubung antara pengemudi dengan smartphone yang dia punya agar konsentrasinya tidak buyar dan terganggu. Jika benar-benar sudah terealisasi maka tidak akan lagi pengemudi yang sibuk memegang smartphone saat sedang mengemudi mobil di jalan raya yang ramai, karena hal tersebut memicu kecelakaan.

android auto, google android, google, android terbaru, android l

BACA JUGA:

Microsoft Office Layar Sentuh Hadir Untuk Android Lebih Dulu

Google Android L – Penerus Kit Kat?

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *