Fitur Keamanan Android L Ditertawakan BlackBerry

By on June 29, 2014
3. Fitur Keamanan Android L Ditertawakan BlackBerry 1

Pada ajang Google I/O yang baru saja dilakukan beberapa hari  yang lalu, Google mengumumkan akan meluncurkan Android L yang merupakan kelanjutan dari Android KitKat. Walaupun belum diluncurkan karena memang masih dalam versi beta, namun ternyata sudah mendapat tanggapan dari salah satu Android yaitu BlackBerry. Secara terpisah BlackBerry mentertawakan fitur keamanan Android L yang dinilai masih sangat lemah dan jauh dari standar keamanan yang diterapkan oleh Blackberry dalam perangkat mereka.

Perusahaan Kanada tersebut mengatakan dengan sinis bahwa fitur keamanan Android L tidak cukup kuat untuk bersaing dengan BlackBerry. Terlepas dari klaim Blackberry bahwa perangkat mereka jauh lebih aman, bisa dilihat bahwa memang Google menambahkan fitur keamanan yang jauh lebih baik daripada yang ada pada Android Kitkat. Android L rencananya akan dirilis akhir tahun ini dan didalamnya akan disertakan fitur keamanan yang memisahkan data pribadi pengguna dengan data pekerjaan atau data umum lainya dalam perangkat tersebut.

Wakil Presiden Senior Google di bidang Android, aplikasi dan Chrome, Sundar Pichai mengatakan bahwa dalam Android L yang baru, Google mempergunakan sistem keamanan yang dibuat oleh Samsung pada Android. Sistem keamanan Android L yang diaplikasikan tersebut bernama Knox. Secara umum aplikasi kemanan ini mirip dengan layanan keamanan BlackBerry balance dan rupanya inilah yang membuat Blackberry mentertawakan Google dan berkata kualitas keamanan mereka jauh lebih baik.

Memang pada kenyataannya Blackberry telah selama tiga puluh tahun berkecimpung dalam hal keamanan data sementara Google baru beberapa tahun saja. Namun begitu, John Chen mengapresiasi usaha Google mengamankan Android yang dikatakan sebagai membangung benteng diatas dasar yang  tidak aman. Dengan kata lain BlackBerry berkata bahwa OS Android itulah yang membuat tidak aman karena sangat lemah terhadap serangan dan gangguan keamanan.

Chen mengatakan Knox bukan apa-apa jika dibandingkan dengan fitur keamanan yang dimiliki oleh Blackberry  yang dibangun oleh ahli keamanan dan manajemen mobile. Pada infrastruktur pada BlackBerry, setiap data dan pesan dilindungi oleh BlackBerry Enterprise Server dan fitur keamanan ini telah dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang masuk ke daftar Fortune 1000. Lebih lanjut Chen mengatakan bahwa Software BES yang mereka miliki mendominasi Enterprise Mobility Management (EMM) yang mempunyai pelanggan lebih besar dari ketiga kompetitor BlackBerry yang digabung.

Fitur keamanan Android L Knox memang baru karena diperkenalkan pada Februari 2013  yang lalu. Oleh sebab itu jika dibandingkan dengan BlackBerry memang kalah jauh karena Blackberry sendiri telah dipergunakan di jaringan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, 5 perusahaan minyak dan gas global, 10 perusahaan farmasi top, otomotif, hukum, semua negara G7, 16 negara dari G20 dan banyak lagi.

 fitur kemanan android, android l, blackberry, android, fitur android

BACA JUGA:

Microsoft Office Layar Sentuh Hadir Untuk Android Lebih Dulu

Harga Android XL Nokia Anjlok

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *