Cek Android Anda Dari Heartbleed

By on April 19, 2014
3. Cek Android Anda Dari Heartbleed 2

Jaman ini adalah jaman android. Hal ini bisa Anda buktikan dengan banyaknya ponsel-ponsel android yang dijual. Banyaknya teman-teman Anda yang mempergunakan ponsel android, serta banyaknya iklan-iklan ponsel android yang bisa Anda lihat di berbagai media seperti televisi, internet, dan juga media cetak. Kini, dengan banyaknya ponsel android, maka banyak sekali hacker yang mengambil untuk dengan berusaha mencuri data-data yang disimpan oleh pengguna ponsel pada perangkat mereka tersebut.

Baru-baru ini ditemukan bug atau celah keamanan yang diberi nama Heartbleed. Bug ini terdapat pada modul openSSL yang bertugas mengenkripsi data-data yang dikirimkan dari perangkat Anda ke server. Oleh sebab itu jika ponsel android Anda terkena Heartbleed maka resiko yang harus Anda  tanggung adalah data-data seperti kartu kredit, password serta login akan bisa tercuri. Hal ini cukup berbahaya karena password dan data-data tersebut akan bisa dipergunakan oleh hacker untuk melakukan tindak pidana yang merugikan Anda.

aplikasi android, heartbleed, android, keamanan android, gadget

Namun sebelum Anda terlalu khawatir, maka sebaiknya Anda cek android Anda dari Heartbleed terlebih dahulu. Dilaporkan bahwa jutaan android terkena efek dari Heartbleed bug ini dan perangkat-perangkat tersebut tidak aman untuk dipergunakan dalam mengakses perbankan atau situs-situs yang membutuhkan password serta login seperti Yahoo, Facebook, Twitter, dan banyak lagi. Oleh sebab itu untuk menghindarkan Anda dari pencurian data sensitif maka cek dulu kemungkinan perangkat Anda terkena Heartbleed.

Pengecekan ini sangat penting karena menurut laporan android 4.1.x adalah yang paling rentan terkena efek dari Heartbleed. Disebutkan bahwa 34% ponsel berbasis android 4.1.x tersebut telah terjangkiti oleh Heartbleed. Namun jangan salah sangka, Heartbleed bukan virus, melainkan hanya bug yang membuat perangkat Anda beresiko diserang oleh hacker. Perangkat android dengan versi yang lebih tinggi seperti android 4.2.2 juga berpotensi terkena Heartbleed namun tidak separah android 4.1.x.

Untuk cek android Anda dari Heartbleed maka cukup Anda mempergunakan Heartbleed Detector yang dikeluarkan oleh Lookout Mobile. Heartbleed detector bukan anti virus ataupun program berat, karena tugasnya hanyalah mendeteksi apakah perangkat Anda aman dari bug Heartbleed atau tidak. Aplikasi ini juga tidak bisa menambal celah Heartbleed tersebut, namun paling tidak dengan mengetahui status ponsel Anda maka Anda tidak perlu khawatir atau bahkan Anda bisa merencanakan penanganan yang sesuai jika memang ponsel Anda terkena Heartbleed.

Saat ini berbagai pihak sedang berusaha untuk membuat patch atau tambalan bagi bug Heartbleed ini. Google dan berbagai pihak keamanan internet serta operator seluler sedang mencari cara yang paling cepat mengakhiri wabah Heartbleed ini. Namun sementara mereka mencari tambal Heartbleed maka tak ada salahnya Anda cek android Anda dari Heartbleed ini dengan mendownloadnya dari Google Play Store.

aplikasi android, heartbleed, android, keamanan android, gadget

BACA JUGA:

Waspadai HeartBleed di BBM Ponsel Anda

Heartbleed Siap Infeksi Android Jelly Bean

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *