Cara Mudah Mengupdate Android KitKat

By on November 24, 2013
4.Cara Mudah Mengupdate Android KitKat2

Para penggila teknologi beramai-ramai menggunakan OS terbaru yang sedang tren saat ini yaitu Android. Salah satu yang menarik hati pengguna gadget seperti Anda adalah karena Android sangat mudah untuk dikustomisasi. Dengan begitu, Anda tidak cepat bosan karena banyak hal baru yang bisa dicoba.

Hal ini juga sama dengan OS terbaru Android yaitu Android KitKat. Beberapa fitur yang memang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya menjadi daya pikat sistem operasi ini. Selain itu, sistem operasi paling baru dari Android ini dinilai lebih stabil. Sayangnya, beberapa pengguna perangkat Android masih mengalami kesulitan untukmengupdate Android.

Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan tips mengupdate Android KitKat. Tips ini ditujukan khusus untuk update pada perangkat tablet Nexus 7 dan 10. Sebelum mulai mengupdate Android menjadi Android KitKat, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Sebagai langkah awal, Anda harus memastikan bahwa Tablet Nexus 7 dan 10 sudah menjalankan Android 4.3 yang paling akhir. Kemudian, pastikan pula bahwa perangkat Android Anda sudah menggunakan versi Android SDK terbaru. Jangan lupa memastikan OTA packages yaitu Nexus 7 (2012); Nexus 7 (2013); Nexus 10. Persiapan ini termasuk persiapan beberapa alat untuk melakukan flash.

Jika sudah siap, Anda bisa mulai melakukan tips mengupdate Android KitKat selanjutnya. Cari update.zip yang ada di Android SDK/folder platform-tools melalui Google dan tempatkan di komputer. Jangan sekali-kali meng-unzip-nya. Kemudian, mulai atur untuk Nexus Anda dengan masuk ke menu Setting dan pilih Development options and switch the toogle on.

Selanjutnya, aktifkan USB debugging yang bisa Anda lakukan di grup menu debugging. Setelah proses ini selesai, silakan mematikan Tablet Nexus 7 atau 10 kesayangan Anda tersebut. Langkah selanjutnya adalah menyalakan kembali Tablet tersebut. Nyalakan dengan menekan dan menahan tombol up dan down volume serta tombol power pada Tablet tersebut.

Nanti, Tablet akan masuk ke menu load. Jika sudah masuk maka sambungkan perangkat Tablet ke komputer. Cara untuk menavigasi menu tersbut adalah dengan menggunakan tombol volume. Navigasikan ke arah menu Recovery Mode. Jangan lupa tekan tombol power. Saat proses update berlangsung, tombol power merupakan tombol OK.

Anda harus sigap saat Android menunjukkan tanda seru merah. Jika tanda seru berwarna merah tersebut muncul, itu artinya Anda harus menahan tombol power dan volume dengan cepat. Tanda jika Anda berhasil adalah munculnya menu recovery. Jika belum maka ulangi prosesnya. Perlu diingat bahwa mouse dan sentuhan tidak berlaku pada proses ini.

Setelah melihat menu Recovery, segera pilih apply update from ADB dengan menekan tombol power. Alihkan perhatian pada komputer Anda kemudian buka command promt atau biasa disebut dengan jendela terminal. Caranya, tekan start menu kemudian tombol huruf R. Jika sudah muncul jendela kecil maka tulis cmd dan tekan Enter.

Gunakan juga command line guna mengarahkan folder Android SDK/platform tools.  adb.exe side load adalah untuk Windows, ./adb-mac sideload adalah untuk Mac serta ./adb sideload adalah untuk Linux. Semoga tips mengupdate Android KitKat ini bisa Anda lakukan dengan mudah dan berhasil.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *