Android KitKat untuk Nexus dan Samsung

By on December 10, 2013
3.Android KitKat untuk Nexus dan Samsung2

Begitu mendengar nama sandwich, eclair, dan jelly bean, Anda pasti sudah membayangkan makanan yang lezat yang membuat air liur meleleh apalagi ketika waktunya jam makan siang. Saat mendengar KitKat pikiran Anda akan melayang pada jajanan wafer berbalut coklat yang digadang-gadang sebagai jajanan favorit kalau sedang ada break. Rupanya kelezatan makanan tersebut tidak hanya bisa dirasakan di lidah Anda melainkan juga di tangan Anda karena sistem operasi Android menggunakan nama-nama makanan tersebut untuk menamai sistem operasi yang sudah diluncurkan oleh Google.

Sistem operasi Android jelas merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Sistem operasi ini senantiasa dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Nah, setelah era Jelly Bean, kini Android menawarkan sistem operasi Android 4.4 KitKat yang pastinya akan menjanjikan sensasi yang berbeda ketika menggunakan ponsel pintar tersebut. Anda tak perlu membeli ponsel pintar baru untuk menikmati sistem operasi Android KitKat karena sistem operasi Android yang lama bisa Anda tingkatkan menjadi KitKat.

Anda cukup menunggu pesan notifikasi untuk mengunduh sistem operasi paling baru melalui Google. Namun, Anda mungkin termasuk beberapa orang yang tidak mendapatkan informasi semacam ini. Tentu Anda harus mengunduh sistem operasi terbaru tersebut sendiri. Bagaimana cara mengunduh sistem operasi ini pada Nexus 10?

Anda akan membutuhkan aplikasi Android SDK yang berjalan pada ponsel dan menghubungkannya dengan komputer Anda menggunakan ADB or kabel microUSB. Melalui Google server, Anda bisa mengunduh aplikasi yang kapasitas 51.3MB. Sebelum Anda bisa menginstal Android KitKat pada ponsel pintar Anda, Anda tidak perlu menghapus semua data, tetapi alangkah jauh lebih baik jika Anda bisa membuat back up sebanyak mungkin. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan proses rooting.

Selain ponsel Nexus yang memang merk eksklusif milik Google yang mengusung Android, sistem operasi paling baru ini juga bisa Anda gunakan dalam ponsel lain termasuk ponsel Samsung yang merupakan salah satu merk paling dikenal di jagat raya. Anda tentu tidak akan heran jika ponsel pintar Samsung pada kelas high end dilengkapi dengan sistem operasi paling baru dari Google ini. Pembaharuan Android KitKat sudah dirilis untuk beberapa ponsel seperti Galaxy Note 2, Galaxy Note 3, Galaxy S3, dan Galaxy S4 pada Januari 2014.

Namun, Samsung rupanya tidak hanya memanjakan konsumen ponsel pintar kelas high end karena ponsel pintar kelas low end pun diproduksi oleh Samsung. Ada rencana bahwa beberapa ponsel pintar low end termasuk Samsung Galaxy S3 dan S4 Mini, Galaxy Core, Galaxy Ace 2, Galaxy Fame, Galaxy Fresh, dan Galaxy S Advance rencananya akan dirilis dengan platform pendukung sistem operasi Android yang paling baru.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *