Android Jelly Bean Mendominasi Penjualan Perangkat Ponsel Cerdas

By on January 14, 2014
3. Android Jelly Bean Mendominasi Penjualan Perangkat Ponsel Cerdas 2

Siapa yang tidak tahu ponsel cerdas berbasis Android. Mungkin saat ini Anda juga sedang membaca artikel ini dengan mempergunakan ponsel Android Anda. Memang saat ini pasaran ponsel cerdas sedang dikuasi oleh Android padahal pada tahun-tahun sebelumnya, yang berjaya adalah iOS besutan dari perusahaan Apple. Untuk Anda ketahui, Android adalah sistem operasi yang diciptakan oleh Google yang langsung laris manis pada saat pertama diluncurkan.

Dari sekian banyak versi Android, sistem operasi Android Jelly Bean adalah yang paling banyak terdapat dipasaran. Oleh sebab itu Anda jangan kaget ketika Anda datang ke sebuah toko gadget, yang Anda lihat kemungkinan adalah produk-produk ponsel dari berbagai jenis vendor yang kesemuanya mempergunakan os Jelly Bean. Memang sebelum versi Jelly Bean, ada beberapa versi Android yang diantaranya adalah Android Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice cream Sandwich, Jelly Bean dan tentu saja Kit Kat.

Dari statistik pasar Android, Froyo atau Android 2.2 hanya menguasai 1,3% distribusi pasar. Hal ini dikarenakan sistem operasi ini sudah ditinggalkan oleh banyak orang dan mereka berpindah ke OS  yang lebih tinggi seperti Gingerbread yang menguasai 21,2% distribusi pasar. Diatas Gingerbread ada OS Honeycomb yang tidak begitu sukses melakukan penetrasi pasar karena hanya mempunyai 0,1% distribusi di pasaran. Sedikitnya distribusi Honeycomb ini mungkin karena jarak rilisnya yang tidak terpaut jauh dengan Android Ice cream Sandwich yang merupakan generasi berikutnya.

 android, jelly bean, smarphone, gadget

Ice Cream Sandwich menguasai 16.9% distribusi pasar sampai kemudian Android Jelly Bean diluncurkan. Menurut laporan statistic ada tiga versi Jelly Bean yaitu versi 4.1.x, 4.2.x dan versi 4.3. ketiga versi Jelly Bean tersebut menguasai 59,1% pangsa pasar pada akhir 2013 sendiri. Padahal bulan sebelumnya masih berkisar 52,1%. Dominasi Jelly Bean ini memang sudah diprediksi karena pada saat OS ini diluncurkan adalah bersamaan dengan boomingnya produsen-produsen gadget yang membanjiri pasaran dengan produk-produk anyar dan murah mereka.

Ada banyak produsen gadget-gadget cerdas yang bermunculan selain pemain lama seperti Samsung, HTC, LG, dan Sony. Jika saat ini Anda datang ke toko gadget, Anda akan banyak mendapati gadget-gadget memakai OS Jelly Bean didalamnya. Baiknya lagi, gadget-gadget tersebut sangat terjangkau harganya jika dibandingkan dengan gadget-gadget bermerek seperti Samsung dan sebagainya.

Walaupun saat ini Android terbaru adalah Android Kitkat namun ternyata pertumbuhannya baru 1,4% pada dua bulan pertama peluncurannya. Hal ini karena hanya ada beberapa vendor gadget yang sudah memanfaatkan dan menginstal OS Android KitKat pada produk-produk anyar mereka sehingga masyarakatpun juga belum banyak yang mengetahuinya. Jadi, jika Anda ingin membeli gadget atau ponsel cerdas baru maka pastikan Anda membeligadget dengan OS minimal Android Jelly Bean atau Kitkat.

android, jelly bean, smarphone, gadget

BACA JUGA;

CyanogenMod Ditendang CyanogenMod Melambung

GreenCloud Juara Kedua Blackberry STEM

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *