Android Dukung Kamera RAW

By on November 23, 2013
3.Android Dukung Kamera RAW1

Salah satu kelebihan ponsel pintar yang membuat banyak pengguna ponsel di seluruh dunia memilih berpaling pada ponsel pintar ini adalah keragaman kemampuan yang bisa dilakukan oleh ponsel pintar untuk mendukung kegiatan pengguna dengan lebih baik lagi. Ponsel pintar memang dilengkapi dengan beragam fitur dan aplikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna ponsel pintar tersebut.

Salah satu fitur yang tidak boleh dilewatkan pada ponsel pintar adalah fitur kamera yang sangat penting bagi pada pengguna ponsel pintar. Kamera pada ponsel pintar bukan sekedar alat untuk mengabadikan momen yang dianggap istimewa atau penting melainkan juga menjadi fitur penting dalam hubungannya dengan pergaulan di jejaring sosial internet yang menjadi aplikasi penting lain dalam ponsel pintar.

Pengguna ponsel pintar mempunyia banyak pertimbangan saat membeli ponsel pintar. Sistem operasi dan spesifikasi lain memang penting dalam sebuah ponsel pintar, tetapi fitur yang mendukung terutama kamera juga menjadi pertimbangan penting bagi banyak pengguna ponsel pintar. Pengguna ponsel pintar yang berbasis Android mungkin merasa sedikit lega setelah mendengar bahwa Google yang merupakan produsen Android dikabarkan tengah mengembangkan dukungan terhadapkamera RAW pada produk ponsel pintar yang menggunakan platform Android.

Kebocoran file application programming interface (API) yang bocor ke media menjadi sumber berita ini. Untuk diketahui, kamera yang menghasilkan file RAW menyimpan data yang tidak melalui proses kompres yang dilengkapi dengan file JPEG. Dengan demikian, jumlah data yang ada dalam setiap pengambilan foto masih lengkap sehingga pengguna ponsel pintar berbasis Android mendapatkan peluang untuk mengoreksi dan memanipulasi hasil foto lebih banyak.

Berita mengenai pengembangan dukungan kamera RAW ini tentu menjadi berita baik bagi para pecinta ponsel pintar Android karena selama ini, fokus Google masih mengarah pada software yang digunakan untuk membuat antarmuka dengan performa yang jauh lebih cepat. Di sisi lain, fitur kamera tidak begitu mendapatkan perhatian khusus dari perusahaan raksasa ini.

Penggunaan kamera RAW pada ponsel pintar diperkenalkan oleh Nokia untuk pertama kalinya melalui produk Lumia 1520 meskipun kini terlihat bahwa Google juga mempunyai ketertarikan untuk membuat hal yang sama.

Dari bocoran informasi, API yang sebelumnya mempunyai nama “Android.hardware.camera” kini berubah menjadi “Android.hardware.photography”. Jika ditilik dari kode API tersebut, ada indikasi bahwa Google tengah mepersiapkan modul kamera eksternal untuk ponsel pintar Android sebagaimana yang bisa ditemukan pada produk Sony QX10 dan QX100. Di beberapa kemampuan yang mungkin akan ditambahkan meliputi mode pemotretan burst dan deteksi wajah.

Perkembangan ponsel pintar Android tentu akan semakin besar didukung oleh perbaikan dalam hal imaging ini mengingat sistem operasi Android masih harus menghadapi kendala besar yang berkaitan dengan optimasi software. Lihat saja sensor paling wah yang dimiliki oleh Sony Xperia Z1 yang belum didukung oleh software yang sebanding.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *