Android 4.4 KitKat Segera Hadir Untuk Low-End Phone dan Perangkat Wearable

By on November 1, 2013
3. Android 4.4 KitKat Segera Hadir Untuk Low-End Phone dan Perangkat Wearable3

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Android 4.4 KitKat, versi terbaru dari sistem operasi untuk smartphone dan tablet buatan Google telah dirancang dan sistem operasi terbaru tersebut rencananya akan digunakan pada low-end phone serta perangkat wearable. Sistem operasi terbaru besutan Google tersebut sendiri nantinya akan menawarkan banyak fitur yang sangat memudahkan pengguna. Sebagai contoh, KitKat dapat mengoptimalkan penggunaan memori di setiap komponen dalam perangkat dan tentu saja, itu bukan satu-satunya keunggulan sistem operasi tersebut. Selain mengoptimalkan penggunaan memori, KitKat juga menyediakan fitur yang dapat membantu para pengembang untuk membuat aplikasi yang menggunakan memori yang relatif sedikit. 

Dengan dirancangnya sistem operasi baru tersebut, bisa dipastikan bahwa Google memang berniat untuk memperbaiki salah satu kelemahan terbesar Android jika dibandingkan dengan sistem operasi iOS besutan Apple. Seperti diketahui, kurang dari setengah perangkat Android yang ada saat ini menggunakan sistem operasi versi terbaru dari Android, Android Jelly Bean sementara lebih dari dua pertiga perangkat Apple saat ini menggunakan versi terbaru dari sistem operasi iOS besutan Apple. Hal ini tentu mengindikasikan bahwa versi terbaru sistem operasi Android masih kalah dibandingkan dengan versi terbaru dari sistem operasi iOS yang baru saja diluncurkan bulan lalu.

Bersamaan dengan peluncuran Android 4.4 KitKat sendiri, Google, juga akan memperkenalkan tiga jenis sensor baru yang nantinya akan digunakan pada perangkat smartwatch rancangan Google. Ketiga sensor terbaru tersebut adalah geomagnetic rotation vector, step counter, serta step detector. Selain digunakan pada smartwatch, ketiga tipe sensor tersebut juga akan digunakan pada perangkat wearable seperti Google Glass, serta perangkat-perangkat non-wearable seperti Sony Smartwatch dan Samsung Galaxy Gear. Tak hanya itu, dengan dimasukkannya sensor-sensor tersebut pada Android KitKat, sistem operasi tersebut akan mampu meningkatkan kinerja berbagai aplikasi dan tentu saja, hal tersebut bukan keuntungan terakhir yang bisa ditawarkan sistem operasi tersebut kepada pengguna.

Selain menawarkan berbagai fitur tadi, sistem operasi baru besutan Google tersebut juga akan menawarkan fungsi NFC baru yang nantinya akan memungkinkan pengembang untuk menciptakan layanan yang bisa dibilang belum pernah ada dalam berbagai perangkat lain yang telah dirilis sebelumnya. Dengan adanya fitur tersebut, pengembang nantinya akan dapat membuat layanan yang menjadikan smartphone memiliki fungsi yang menyerupai kartu pembayaran sehingga smartphone bisa digunakan untuk melakukan payment atau pembayaran dan berbagai tujuan lain. Bukan itu saja, sistem operasi tersebut juga akan menawarkan fitur yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang bisa digunakan untuk mengendalikan saklar, tuner, serta televisi. Tak diragukan lagi, sistem operasi tersebut dapat menawarkan berbagai manfaat pada pengguna Android dan dengan begitu, jika Anda adalah pengguna Android, Anda wajib menantikan peluncuran Android 4.4 KitKat.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *