Anda Yakin Smartphone Android Anda Mempunyai RAM yang Lega?

By on July 27, 2015
3. Anda Yakin Smartphone Android Anda Mempunyai RAM Yang Lega 1

Bisa dikatakan bahwa saat ini smartphone sudah menggantikan banyak fungsi perangkat yang lain. Smartphone sudah menggantikan telepon rumah/wartel, menggantikan warnet, surat menyurat konvensional, TV, radio, sms konvensional, perbankan dan banyak lagi. Lebih paran lagi smartphone juga sudah menggantikan peran dan fungsi sosial dimana silaturahmi di hari lebaran diganti dengan BBM, ucapan di FB/Twitter, kirim pesan dari whatsapp dan Line, bertatap muka dengan video call, dll.

Tak hanya itu, smartphone juga menawarkan banyak sekali fitur hiburan dan juga penunjang aktivitas pekerjaan Anda. Oleh sebab itu tak heran jika saat ini Anda akan mendapati banyak sekali smartphone yang dibekali dengan RAM yang semakin besar. RAM yang besar menjamin kinerja smartphone Android lebih maksimal. RAM diperlukan oleh sebuah sistem operasi sebagai “kantor” untuk bekerja, jadi semakin besar kantornya, semakin cepat ia bekerja.

Namun sebuah smartphone Android dengan RAM yang besar tak selalu menjanjikan ruang kerja yang besar pula. Perlu diingat bahwa OS Android adalah sebuah sistem operasi yang penuh dengan bloatware atau program-program tak berguna yang memberati kinerja smartphone itu sendiri dan memenuhi ruangan RAM. Oleh sebab itu sebuah smartphone dengan RAM 4GB  tak menjamin mempunyai ruang  yang lebih besar dari smartphone yang dibekali dengan RAM 3GB.

Hal ini karena pengaruh banyak dan sedikitnya bloatware yang ada pada smartphone tersebut. Contohnya Oppo R7 yang diklaim mempunyai ruang RAM  yang lebih besar dari smartphone dengan RAM 4GB padahal Oppo R7 hanya dibekali dengan RAM 3GB. Kenapa bisa begitu? Oppo menjawab bahwa hal tersebut karena Oppo mempunyai UI sendiri yang mampu mengurangi bloatware dari Android.  UI buatan Oppo yang dikatakan mampu menghemat ruang RAM tersebut adalah ColorOS 2.1.

ColorOS 2.1 tak hanya membuang banyak sekali bloatware namun juga melakukan kompresi pada RAM sehingga lebih banyak ruang kosong tercipta yang dapat dipergunakan oleh prosesor untuk bekerja lebih cepat. ColorOS 2.1 adalah UI atau user interface khusus untuk smartphone Android buatan Oppo. Tampilannya yang ringan mampu menghemat 30% dari pengunaan RAM pada smartphone biasa.

Oppo R7 yang dibekali dengan RAM 3GB mempunyai ruang kosong sebesar 2,3GB dengan memanfaatkan ColorOS 2.1 tersebut, padahal pada smartphone lain dengan kapasitas RAM 3GB hanya memiliki ruang kosong antara 1 GB hingga 1,5GB saja. Tak hanya itu ColorOS 2.1 juga mempunyai fitur smart clean dimana ColorOS 2.1 akan secara otomatis mematikan aplikasi yang berjalan ketika smartphone Android tidak dipergunakan selama 10 menit atau menurut seting yang telah dibuat oleh pengguna. Jika RAM mempunyai banyak ruang kosong, maka prosesor  tak perlu bekerja berat dan juga artinya penghematan baterai.

Smartphone Android

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *