3 Tips Mengubah Font Android agar Tidak Membosankan

By on December 19, 2013
4.3 Tips Mengubah Font Android agar Tidak Membosankan 2

Mengubah jenis font yang Anda gunakan pada Smartphone dapat menjadi cara untuk mengubah penampilan Smartphone Anda dan Anda tidak bosan. Bila Anda mempunyai  Smartphone Android, Anda juga dapat mengubah font Android Anda untuk membuat Smartphone Android Anda tampak lebih unik dan lain daripada yang lain.

Cara untuk mengganti font Android ada dua macam, yaitu rooting atau non rooting.

1. Cara Rooting

Anda dapat mengubah font melalui custom OEM. Hal ini dilakukan karena kebanyakan Google Android tidak memiliki fitur khusus untuk mengubah font ini. Tetapi, bisa dilakukan dengan memasukkan kode AOSP.

Contohnya, pada beberapa produk Samsung dan LG yang mendapatkan kode AOSP, pengubahan font dapat dilakukan melalui menu halaman Settings atau Pengaturan. Biasanya font yang tersedia adalah font default dari produsen gadget tersebut.
Saat Anda ingin mengubah font, Anda biasanya akan dituntun ke Google Play Store untuk Samsung dan LG Smart World untuk LG untuk mendapatkan font ekstra yang Anda inginkan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu boot ulang untuk mengaplikasikan font yang Anda pilih. Semua teks di Smartphone Anda akan diubah secara instan ke font yang Anda pilih.

android

2. Cara Non Rooting

Cara ini menggunkan Custom Launchers untuk mengubah font Android  Anda. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah GO Launcher EX. Untuk mengubah font Smartphone dengan aplikasi ini, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, yaitu:

–       Copy file font TTF ke direktori /sdcard/GOLauncherEX/fonts directory.

–       Jalankan GO Launcher EX.

–       Tekan tombol Menu atau geser layar ke atas.

–       Pilih Preferences

–       Pilih Visual Settings.

–       Geser ke tab Font di sebelah kiri.

–       Pilih Scan Font. Bila berhasil, aplikasi ini akan menemukan font yang Anda salin ke direktori /sdcard/GOLauncherEX/fonts.

–       Pilih Select Font dan pilih font yang Anda inginkan.

Anda tidak perlu reboot untuk mengaplikasikan font yang Anda pilih. Teks Smartphone Anda akan berubah secara instan otomatis.

Selain GO Launcher EX, Anda juga dapat menggunakan aplikasi iFont. Aplikasi ini khusus tersedia untuk Smartphone Samsung. Cara penggunaannya adalah:

–       install aplikasi dari  “Unknown Sources.” di Settings> Security.

–       Buk iFont

–       Pilih tab online.

–       Pilih nama font yang Anda inginkan.

–       Pilih Download.

–       Pilih Set atau ke Settings > Display > Font Style. Anda dapat menemukan font yang baru Anda download.

–       Pilih font yang Anda inginkan.

–       Font akan diaplikasikan tanpa reboot.

Jadi, sekarang Anda tahu cara mudah untuk mengubah font Android Anda. Dan, dengan mengubah font, Android Anda akan tampak unik dan tidak membosankan, serta lain daripada yang lain.

android

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *