Alasan kenapa Kamera 8 MP Apple Lebih Hebat (Part II)

By on April 25, 2014
1052202ios-hero780x390

Khusus untuk meningkatkan sensitivitas cahaya yang lebih baik, pihak Apple juga turut melebarkan ukuran aperture pada kamera iPhone 5S menjadi 1/4 stop lebih lebar jika dibandingkan dengan bukaan f2.4 pada iPhone 5 atau bukaan sebesar f2.2.

Dalam hal ini, pihak apple juga mengklaim tentang peningkatan ukuran sensor sebesar 15 persen turut meningkatkan sensitivitas cahaya sebanyak 33 persen dan bahkan lebih. Tapi sayangnya, walaupun dengan perbesaran itu, tetap saja sensor kamera iPhone 5S masih jauh lebih kecil jika dibandingkan sensor milik kamera saku Canon PowerShot G15, apalagi jika dibandingkan dengan kamera DSLR Nikon D7000 yang berkali-kali lipat lebih besar dari sendor milik Apple.

1830212sensor-size780x390

Prosesor Apple A7

Sebenarnya bukan hanya sensor pada kamera saja yang diubah oleh Apple dalam iPhone 5S. Ternyata prosesor Apple A7 yang baru pun ternyata turut berkontribusi dalam peningkatan kualitas hasil foto yang anda ambil.

Sepertinya prosesor ini memiliki Image Signal Processor atau ISP yang  terintegrasi secara langsung, atau yang dikenal dengan istilah Digital Signal Processor di kamera digital. Image Signal Processor ini secara khusus akan mengolah semua tugas yang berkaitan dengan pemrosesan gambar pada iPhone 5S tersebut, dan ini termasuk pada color correction, konversi format, pengaturan white balance, dan hal lainnya.

Nah, untuk Image Signal Processor pada iPhone 5S ini sendiri memiliki sejumlah kemampuan yang baru, mislanya saja tone mapping yang disebut akan bisa meningkatkan cakupan tonal pada foto dan Autofocus matrix metering dengan 15 zona fokus yang berbeda.

Autofocus matrix metering sendiri merupakan fitur yang disebut belakangan ini telah umum ditemukan pada kamera DSLR dan sangat berguna untuk menghasilkan exposure yang lebih akurat dalam kondisi pencahayaan yang sulit. Contohnya saja pada kondisi ketika pengguna sedang berfoto di depan matahari yang terbenam.

Tingkat kecepatan prosesor A7 yang lebih tinggi juga akan memungkinkan iPhone 5S untuk mengambil beberapa gambar sekaligus dalam sekali jepretan dan mampu memilih yang paling bagus atau lebih tajam. Tentu saja semua itu bisa dilakukan baik dalam mode single shot maupun burst mode dengan kecepatan 10 FPS.

Sedangkan khusus untuk mode burst, pada iPhone 5S ini akan secara otomatis menyeleksi hasil foto berdasarkan sejumlah kriteria yang ada, yakni akurasi exposure, deteksi wajah, tingkat ketajaman serta apabila subyek orang dalam foto sedang tersenyum atau memejamkan mata, maka secara otomatis Analisis akan dilakukan secara realtime tanpa campur tangan pengguna sama sekali.

1833372burst-continuous780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *