Alasan kenapa Kamera 8 MP Apple Lebih Hebat (Part I)

By on April 21, 2014
1052202ios-hero780x390

Perang megapiksel yang ditabuh antara sesama produsen smartphone semakin meluas dan bahkan telah telah menghasilkan persaingan yang sangat sengit, salah satunya adalah pihak Apple yang mengambil langkah sedikit mengejutkan dengan tetap memasangkan kamera iSight 8 megapiksel untuk ponsel yang sempat menjadi andalan mereka, yakni iPhone 5S.

Tentu saja angka tersebut sama dengan kamera yang sebelumnya telah dipakai dua generasi iPhone terdahulu, yakni iPhone 4S dan iPhone 5 yang merupakan adik langsung dari iPhone 5S yang justru sedikit menghilangkan daya tarik iPhone 5S di mata para pengguna awam pada umumnya.

Tapi, apakah kamera iPhone 5S ini benar-benar sama dengan para pendahulunya tersebut?

Setelah diselidiki oleh salah satu situs teknologi terkemuka, TechCrunch. Ternyata kemampuan kamera iPhone 5S tidak sama dengan kemampuan kamera iPhone pada generasi sebelumnya. Bahkan menurut Apple, kalau para pengguna cukup jeli, sebenarnya serangkaian perbaikan telah diterapkan di balik angka 8 megapiksel yang terkesan konservatif tersebut.  Lantas apa saja perubahan besar dalam sisi kamera iPhone 5S tersebut?

Sensor lebih besar

Memiliki resolusi tinggi memang memiliki keuntungannya tersendiri untuk perangkat yang mengadopsinya. Kita bisa melihat contoh pada Nokia Lumia 1020 dengan kamera 41 megapiksel-nya yang diklaim mampu menangkap foto begitu detail sehingga bisa melakukan digital zoom tanpa menurunkan kualitas gambar secara keseluruhan.

Tapi justru pihak Apple mempunyai pandangan tersendiri untuk itu, Apple ternyata malah memutuskan untuk mengambil langkah untuk mempertahankan resolusi 8 megapiksel, tapi disisi lain juga Apple ternyata membayar lunas dengan meningkatkan ukuran sensor menjadi 15 persen lebih besar jika dibanding kamera di iPhone generasi sebelumnya.

Ukuran piksel di sensor yang bertugas menangkap cahaya pun kabarnya mengalami kenaikan dari 1,4 mikron, berubah menjadi menjadi 1,5 mikron atau naik sebesar 0,5 mikron.

1825467sensor-1-780x390

Sebenarnya langkah ini mirip dengan yang dilakukan oleh HTC melalui kamera Ultrapixel yang sempat banyak mendapatkan apresiasi bagus dari para pakar, di mana ukuran tiap-tiap piksel terus ditingkatkan menjadi 2 mikron. Tetapi sayangnya, kamera pada HTC One itu justru memangkas resolusi menjadi hanya 4 megapiksel saja, sementara pihak Apple maish tetap mempertahankan angka 8 megapiksel dalam iPhone 5S.

Kalau ada hal seperti ini, lantas timbul pertanyaan sebenarnya apa pentingnya ukuran piksel yang lebih besar? Dalam hal ini kita bayangkan saja piksel itu merupakan sebuah ember dan cahaya merupakan hujan yang turun dari langit. Tentu saja semakin lebar ember yang anda punya, maka semakin banyak pula air yang bisa ditampung dalam periode waktu yang kurang lebih sama. Hal ini berarti informasi cahaya yang bisa ditangkap akan lebih banyak dan lebih terperinci.

Hal inilah yang berujung pada kualitas gambar yang lebih bagus dari segi ukuran. Tone warna yang ditangkap juga akan lebih beragam dengan transisi yang lebih halus dari satu perpindahan ke perpindahan yang lainnya dengan tingkat noise atau grain yang muncul di foto pun bisa direduksi dengan mudah.

1833372burst-continuous780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *