Alasan BBM Sampai Sekarang Masih Populer

By on May 12, 2014
BlackBerry Siap Luncurkan SmartPhone Canggih di Bulan September

Harus kita akui bahwa popularitas BlackBerry Messenger atau yang kerap disebut sebagai BBM masih belum akan tergoyahkan, walaupun smartphone Blackberry sendiri sampai kini masih belum bisa bangkit dari keterpurukannya. BlackBerry Messenger ini baru saja melewati milestone dengan mencatat total unduhan di antara 50 juta hingga 100 juta unduhan di Google Play atau dalam platform Android.

Sedangkan untuk platform iOS sendiri yang bisa diunduh di Aps Store, BlackBerry Messenger ini masih menjadi andalan para pengguna di Indonesia dan akhirnya menempatkannya sebagai aplikasi gratis terpopuler nomor dua setelah Tebak Gambar per awal Mei 2014 ini. Dan sekarang, BlackBerry Messenger juga akan segera memperluas pasar mereka ke platform Windows Phone pada tahun ini juga.

BlackBerry Messenger sendiri per akhir Maret lalu telah mengumumkan bahwa jumlah pengguna terdaftarnya telah mencapai 113 juta user dengan pengguna aktif bulanan mencapai lebih dari 85 juta pengguna. Lantas, Apa sebenarnya yang membuat BlackBerry Messenger ini masih tetap populer dan seolah susah digoyahkan oleh aplikasi lainnya?

Pada saat BlackBerry Messenger ini tidak lagi eksklusif dan sudah bersifat multiplatform seperti halnya WhatsApp ataupun Line sekarang ini, ternyata BlackBerry Messenger masih tetap menjadi pilihan yang nyaman untuk layanan messaging antar smartphone. Menggunakan BlackBerry Messenger ini dinilai dapat menjamin keamanan data karena setiap pesan yang dikirim atau diterima akan selalu dikirim secara terenkripsi sehingga keamananya tetap terjaga.

Menurut pendapat seorang analis data Berry Review, BlackBerry Messenger kebanyakan mendominasi di App Store negara-negara kawasan Afrika dan Amerika Selatan yang memang secara tradisional pendukung setia platform BlackBerry ini. Sedangkan untuk kawasan Asia (selain di Indonesia), ternyata BlackBerry Messenger ini bertahan di jajaran sepuluh besar aplikasi iOS terpopuler.

Ada satu hal yang sekarang menjadi salah satu tolak ukur BlackBerry Messenger sebagai aplikasi multiplatform yang masih sulit digoyahkan. Pemikiran untuk segera memberikan penghasilan kepada si penyedianya, yakni pihak Blackberry sendiri dimana skema yang dipilih BlackBerry saat ini adalah dengan penjualan stiker seperti halnya aplikasi messaging lainnya.

Walaupun sempat populer di awal, tapi sekarang penjualan yang diperoleh di App Store Indonesia tidak mampu membawa BlackBerry Messenger ini masuk ke 100 besar Top Grossing, dan mereka harus kalah dari Line dan Path yang sampai saat ini mampu bertahan di posisi kesembilan dan kesebelas dalam Top Grossing.

Sepertinya sumber monetisasi BBM yang paling menarik justru dalam skema enterprise cloud untuk B2B dan sepertinya kita sendiri tidak akan terkejut jika ternyata akhirnya BlackBerry lebih sukses mendulang pendapatan dari segmen korporasi yang merupakan basis terkuatnya untuk saat ini, minimal untuk membawa nama Blackberry tetap hidup.

2304095BlackBerry-Office780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *