Alasan Apple kenapa Belum Mengeluarkan smartwatch

By on April 25, 2014
1411234tim-cook780x390

Tim Cook, yang merupakan CEO Apple, dalam pidato laporan keuangan perusahaan di kuartal kedua tahun fiskal 2014 ini kembali menegaskan bahwa fokus utama Apple adalah membuat perangkat yang berkualitas baik ketimbang perangkat yang laku di pasaran saja. Hal inilah yang ditekankan Tim Cook kepada Timnya untuk terus membangun produk-produk yang berkualitas dan inovatif sehingga konsumen tidak akan melirik produk lainnya lagi.

Komentar Cook tersebut merupakan sebuah tanggapan dirinya sendiri tentang rival Apple yang selama ini ini agresif dengan produk-produk baru, Samsung. Seperti kita ketahui, samsung telah banyak memproduksi dan menguasai pasar, mulai dari smartphone untuk semua segmen kelas sampai dengan wearbale gadget yang terkesan terburu-buru dipasarkan ke publik.

Dalam keterangannya, Tim Cook mengatakan bahwa Apple lebih peduli terhadap detil dan fungsi perangkat yang di produksi, dan jika detil dan kualitas merupakan yang utama, sudah bisa dipastikan untuk mewujudkan hal tersebut akan membutuhkan banyak waktu, dan inilah alasannya kenapa Apple cenderung lamban dalam mengeluarka produk smartwatch. Hal ini, Tim Cook sampaikan untuk menanggapi smartwatch Apple yang sampai sekarang masih belum juga dirilis ke pasaran.

Seperti dikutip dari laman Digital Trends pada Kamis (24/04/2014), pernyataan Tim Cook tersebut merupakan alasan yang diberikan kepada para investor Apple tentang pertanyaan mengapa Apple tak kunjung merilis jam tangan pintarnya? Bahkan beberapa pakar mengatakan bahwa Apple cenderung terlambat dalam mengejar ketertinggalan mereka pada produk jam tangan pintar khususnya.

Semakin banyak vendor lain yang merilis wearable gadget, tentu saja hal ini akan sekmakin menambah tekanan terhadap Apple untuk terus dan secepatnya membuat jam tangan pintar yang lebih baik dan berkualitas, apalagi dengan adanya alasa ini maka Apple akan lebih ditekan lagi untuk menghadirkan fitur dan inovasi terbaru yang lebih baik dari produk-produk yang sudah ada sekarang.

Dalam kesempatan yang sama, Tim Cook juga mengambil contoh pada kasus-kasus sebelumnya, waktu itu ketika Apple bukanlah perusahaan yang pertama kali memperkenalkan pemutar MP3 atau MP3 Player, smartphone dan tablet. Tapi menurut Tim Cook, pihak Apple justru lebih sukses di bidang tersebut jika dibandingkan dengan yang lainnya. Tim Cook mengatakan bahwa semua ini merupakan buah kesabarannya.

Walaupun pendapat Cook tersebut nampaknya hanya berlaku untuk hardware Apple saja, tapi jika kita melihat di sisi software, sepertinya Apple juga pernah melakukan kesalahan saat merilis Apple Maps beberapa waktu yang lalu. Saat itu, ternyata produk tersebut terkesan belum siap manakala diluncurkan di tahun 2012 dan bahkan banyak yang menyangka bahwa ini merupakan produk asal-asalan. Terlebih banyak sekali orang yang akhirnya tersesat karena menggunakan Apple Map.

Apple-Tengah-Ujicoba-iWatch-1

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *