Akhirnya Pertempuran Google dan Apple Berakhir

By on May 18, 2014
1126123ipad-galaxy-tab1780x390

Setelah beberapa waktu yang lalu sempat terlibat pertarungan yang sengit di pengadilan, kini kabar terbaru mengatakan bahwa dua raksasa industri mobile yang kemairn sempat dikebarkan berseteru, yakni Apple dan unit Motorola Mobility Google akhirnya mencapai kesepakatan untuk berdamai.

Dalam hal ini, pihak Apple dan Google telah setuju untuk membatalkan semua tuntutan hukum yang bersifat langsung antar kedua perusahaan tersebut, bahkan pernbyataan tersebut telah ditulis secara khusus oleh kedua belah pihak dalam sebuah pernyataan bersama.

Seperti yang dilansir dalam laman Reuters, ternyata penyelesaian sengketa tersebut tidak berarti bahwa Apple dan Google akan saling melisensi paten tersebut. Kabarnya kedua perusahaan tersebut menyatakan bakal mendorong reformasi di hukum paten di Amerika Serikat sendiri.

Tentu saja, perjanjian damai antara Google dan Apple tersebut hanya berlaku untuk pihak Google dan Apple sana dan tidak memengaruhi sedikitpun kepada kasus sengketa paten antara Apple dan Samsung yang tengah berlangsung sampai saat ini.

Seperti kita ketahui, awal bulan ini saja, pengadilan negeri California telah memutuskan bahwa pihak Samsung harus membayar sebanyak 119,6 juta dollar AS kepada pihak Apple sebagai ganti rugi atas paten-paten milik Apple yang dilanggarnya tersebut.

Sebagai tambahan informasi, sengketa Apple dengan Motorola sendiri sebenarnya dimulai pada 2010 ketika Motorola (yang pada saat itu masih berada di bawah kepemilikan Google) telah menuduh Apple melanggar sejumlah patennya. Tapi setelah itu justru pihak Apple malah menyerang balik dengan menuding bahwa Motorola juga telah melanggar tiga paten miliknya dan menuntut pelanggaran tersebut.

Dalam perjalananya, kasus perselisihan ini sempat dihentikan oleh pengadilan pada tahun 2012 karena kedua pihak dinilai tak memiliki cukup bukti yang kuat untuk saling menuntut, sebelum akhirnya dibuka kembali pada bulan April tahun 2014 kemarin.

Dalam kasus ini, permasalahan bertambah rumit karena Motorola telah berpindah tangan dari Google yang membeli perusahaan itu senilai 12,5 miliar dollar AS. Sampai akhirnya Motorola kemudian dijual kembali kepada Lenovo, tapi walaupun begitu pihak Google masih tetap mempertahankan kepemilikannya atas paten-paten perusahaan tersebut sehingga tuntutan ini terus dilanjutkan oleh pihak Google.

Setelah itu, pihak Apple terus gencar melancarkan tuntutan hukum terhadap produsen gadget yang berbasis Android yang oleh pendiri Apple Steve Jobs disebut sebagai produk hasil curian dari pihak mereka. Bahkan beberapa nama besar produsen ponsel Android seperti HTC dan Samsung ikut terseret.

Untuk HTC sendiri akhirnya lebih memilih jalan damai guna menyelesaikan permasalahan ini, sehingga gaung perseterusn HTC dan Apple tidak begitu terdengar. Sementara Samsung malah lebih memilih membela diri dengan turut melibatkan Google selaku pencipta Android dalam kasus pelanggaran hak paten ini.

1014092apple-app-store1780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *