Norwegia Akhiri Hidup Radio FM, Indonesia Kapan?

By on April 20, 2015
radio

Seperti kita ketahui, popularitas Radio FM sudah mulai menurun jika dibandingkan dengan media hiburan lainnya. Terhitung sejak tahun 1930an, Radio FM sudah menemani pendengar setianya di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, radio FM ini bahkan sudah mendominasi dunia radio. Tapi tahukah anda kalau sekarang ini radio FM sudah diambang kepunahan?

Seperti yang dilansir dalam laman The Verge, beberapa negara di dunia dikabarkan tengah bersiap untuk membunuh popularitas Radio FM. Salah satunya adalah Norwegia yang dikabarkan siap menghapus radio dengan metode transmisi gelombang suara FM di tahun 2017 mendatang.

Keputusan ini sendiri langsung diberikan oleh Menteri Kebudayaan Norwegia, di mana pihak kementrian tersebut menyatakan jika mereka sudah menyepakati penghapusan radio FM. Pembahasan hal ini sendiri sudah mulai digulirkan pada tahun 2011, dan akhirnya diputuskan jika mulai 2017 radio FM di vonis mati.

Dengan terhapusnya radio FM di Norwegia, bukan berarti dunia radio lenyap sepenuhnya, akan tetapi negara yang dikenal makmur ini akan mengganti radio FM dengan radio berbasis digital atau radio DAB (digital audio broadcasting).

Bahkan semenjak peraturan baru ini mulai dibahas pada tahun 2011 silam, radio FM sudah mulai ditinggalkan. Bahkan hingga tahun 2015 ini, Norwegia hanya memiliki stasiun radio FM berskala nasional tersisa 5 stasiun saja. hal ini berbeda dengan stasiun radio DAB yang hingga kini jumlahnya terus berkembang. Terakhir radio Digital ini sudah dimiliki oleh sebanyak 22 stasiun Radio.

tecsun-small-fm-radio-r-909-moresales-1207-24-moresales@1

Tidak hanya itu, siaran radio berbasis digital memang sudah mulai menjadi idola di dunia. Bahkan semenjak diperbarui pada tahun 2007 menjadi DAB+, konsumsi biaya pembuatan radio digital sudah mulai lebih murah, tapi dengan penampilan kualitas yang jauh lebih baik.

Bahkan sekarang ini harga transmisi gelombang radio DAB dinyatakan lebih murah hingga 8 kali lipat jika dibandingkan dengan perangkat radio FM. Tidak hanya itu, siaran radio DAB juga diklaim memiliki kualitas suara dan konten yang jauh lebih baik ketimbang penggunaan frekwensi FM.

Tidak hanya Norwegia, sebenarnya beberapa negara Eropa dan Asia Tenggara juga sudah mulai dilaporkan banyak beralih ke radio DAB untuk skala nasional. Sayangnya, hingga kini untuk di Indonesia sendiri, keputusan untuk mengakhiri radio FM ini masih menjadi tanda tanya besar. Lantas, di tangan pemerintahan siapakah radio FM ini akan diakhiri?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *