Blackberry Berencana Merilis BBM Untuk PC

By on March 30, 2014
BlackBerry Siap Luncurkan SmartPhone Canggih di Bulan September

John Chen, yang merupakan CEO BlackBerry kembali menunjukkan keseriusannya dalam menggarap layanan pesan instan BlackBerry Messenger untuk lebih bisa bersaing lagi dengan produk layanan pesan singkat lainnya. Setelah kemarin sempat meluncurkan BBM untuk perangkat Android dan iOS, dan juga akan segera meluncurkan layanan ini dalam perangkat Windows Phone, ternyata Chen juga berencana untuk merilis aplikasi tersebut di komputer pribadi atau PC.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters  pada 28 Maret 2014 kemarin, John Chen sendiri mengatakan bahwa hal tersebut masih dalam tahap rencana saja. Secara meyakinkan dia mengatakan bahwa pihaknya sangat serius akan membawa BBM dalam versi desktop..

Menurut Chen, langkah tersebut diambil untuk memungkinkan para karyawan di sebuah perusahaan dan agensi pemerintah dalam melakukan obrolan di komputer pribadi mereka tanpa harus repot menggunakan dua perangkat sekaligus, yakni PC dan smartphone.

Dengan langkah ini, pihak BlackBerry tentunya sangat berharap para pengguna BBM akan terus bertambah ketika layanan pesan instan andalannya tersebut diluncurkan untuk komputer pribadi. Chen sendiri mengatakan bahwa saat ini, para pengguna BBM di seluruh dunia ada sekitar 85 juta pengguna per bulan dan terus meningkat dalam setiap bulannya.

Harus diakui, BBM memang merupakan pionir dalam hal layanan pesan instan di perangkat mobile, khususnya telpon pintar. Namun pertumbuhan jumlah penggunanya cenderung stagnan lantaran dahulu produk itu didesain eksklusif untuk ponsel BlackBerry saja, dan tentu saja layanan ini juga yang membuat ponsel pintar Blackberry menjadi primadona dan merajai produk ponsel pintar lainnya di dunia.

Tapi sayangnya, setelah BBM di lepaskan untuk perangkat Android, pamor Blackberry sendiri menjadi redup, dan kondisi ini dimanfaatkan oleh penyedia layanan pesan instan lintas platform seperti WhatsApp, yang tercatat telah sukses mengalami pertumbuhan pesat dari sisi jumlah pelanggan karena digunakan di banyak perangkat dan sistem operasi. Baik itu untuk ponsel pintar, maupun untuk PC.

Memenangkan Gugatan

Sementara itu, di sisi lain pihak BlackBerry saat ini sedang berbunga-bunga, pasalnya mereka berhasil memenangkan gugatan hukum paten melawan perusahaan Typo Products atas produk aksesori ponsel yang dinilai mereka melanggar desain paten papan ketik  fisik milik BlackBerry.

Kabarnya, produk Typo yang dipermasalahkan BlackBerry tersebut merupakan sebuah aksesori pelindung ponsel dengan integrasi keyboard fisik khusus. Produk yang diberi nama Typo Keyboard tersebut didesain khusus untuk Apple iPhone 5 dan iPhone 5S yang mestinya sudah beredar sekarang.

William Orrick, yang merupakan hakim Pengadilan San Francisco, mengatakan bahwa BlackBerry cukup meyakinkan untuk membuktikan bahwa produk Typo telah melanggar hak paten mereka. Dan akibatnya, pihak pengadilan telah melarang penjualan produk Typo Keyboard yang dibanderol seharga 99 dollar AS tersebut.

Blackberry-Messenger-(BBM)-di-iOS-dan-Android-Menggunakan-PIN-2

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *