Xiaomi Mi Pad. Kembaran iPad Dengan Harga Yang Bersahabat

By on May 17, 2014
xiaomi-mi-pad-vs-apple-ipad

Saat ini, pasaran perangkat Android bertambah ramai dengan kehadiran Xiaomi Mi Pad. Xiaomi Mi Pad ini sendiri merupakan perangkat tablet pertama dari produsen asal Tiongkok itu diperkenalkan pada Kamis (15/05/2014) kemarin di Beijing Cina.

Dalam acara peluncuran tersebut, sejumlah perwakilan media asing yang melansir berita kemunculan Xiaomi Mi Pad ini menilai bahwa penampilan fisik perangkat tersebut seperti saudara kembbar alias sangat mirip dengan tablet iPad Mini besutan Apple yang telah lebih dulu beredar di pasaran.

Apalagi sebagaimana dilaporkan dalam laman The Verge, kabarnya Xiaomi Mi Pad juga sama-sama mengusung rasio layar yang sebanding dengan iPad milik Apple, yakni dengan rasio 4:3, hal ini tentu saja berbeda dari tablet Android lain yang umumnya akan mengadopsi aspect ratio 16:9 atau aspek rasio 16:10 sehingga akan terlihat lebih tinggi.

Hal ini sama juga dengan ukuran bentang layar Xiaomi Mi Pad yang sebesar 7,9 inci dan juga resolusi yang sebanding dengan iPad Mini Retina Display sebesar 2048×1536. Selain itu, ada pula custom interface sisitem operasi Android 4.4.2 yang memang telah dimodifikasi dan sekilas terlihat sangat mirip dengan tampilan flat ala sistem operasi iOS 7 yang merupakan jagoan Apple di kalangan iPad.

Walaupun semuanya hampir sama atau bahkan kembar identik beda sistem operasi saja, ternyata perbedaan lainnya juga terdapat pada harganya yang terpaut lumayan jauh dari iPad mini milik Apple. Sekarang ini, Xiaomi Mi Pad sendiri dibanderol seharga 240 dollar AS untuk versi dengan memori internal 16GB dan model lain dengan memori internal 32 GB tersedia dengan harga 275 dollar Amerika.

Tentu saja list harga ini bisa dikatakan sangat murah jika dibandingkan dengan harga iPad Mini Retina Display milik Apple yang termurah saja dipatok di angka 399 dollar AS.

Ada satu hal yang menarik dari Xiaomi Mi Pad. Ternyata bagian punggung dari Xiaomi Mi Pad ini juga dilapis plastik warna-warni yang sangat mirip dengan sisi belakang iPhone 5C, yang juga merupakan produk besutan Apple. Xiaomi Mi Pad sendiri menjadi perangkat pertama yang ternyata mengusung prosesor quad-core Tegra K1 dari Nvidia dan Chip ini pertama kali diperkenalkan pada ajang CES 2014 pada Januari lalu.

Sedangkan untuk spesifikasi lain di dalamnya juga mencakup RAM dengan kecepatan 2 GB dengan slot micro-SD sampai 128 GB dengan kekuatan baterai sebesar 6.700 mAh. Selain itu, Xiaomi Mi Pad juga dilengkapi kamera belakang 8 megapixel serta kamera depan 5 megapixel.

Saat ini produk yang mirip perangkat Apple sebenarnya sudah banyak beredar di Tiongkok, tapi Mi Pad ini mendapat sorotan karena pembuatnya merupakan salah satu produsen smartphone yang sedang mengalami pertumbuhan pesat di pasar Cina sana.

1649447xiaomi780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *