Trik Periksa Baterai Laptop, Manajemen Power Linux. , dan Teknik Kontrol

By on December 9, 2013
Trik-Periksa-Baterai-Laptop-Manajemen-Power-Linux-dan-Teknik-Kontrol-1

Perangkat laptop modern saat ini sudah dilengkapi dengan jenis baterai yang kapasitasnya besar. Penggunaan baterai laptop yang berkapasitas besar perlu dilakukan untuk menunjang kebutuhan para penggunanya yang bermobilitas tinggi.  Jadi para penggunanya akan tetap nyaman saat menggunakan perangkat laptopnya. Meskipun sudah dilengkapi baterai berkapasitas besar, power baterai tak luput dari habisnya power dengan cepat. Pasalnya laptop zaman sekarang memiliki banyak aplikasi canggih yang menyedot banyak power baterai laptop. Akibatnya baterai cepat habis. Penyebab lain borosnya kapasitas baterai sebuah laptop selain banyaknya aplikasi yang dijalankan adalah ketidaktahuan pengguna soal bagaimana cara memeriksa baterai laptop atau notebook.

Nah, berikut ini ada beberapa trik bagaimana cara memeriksa baterai laptop yang bisa Anda coba.

Trik-Periksa-Baterai-Laptop-Manajemen-Power-Linux-dan-Teknik-Kontrol-3

Aktifkan IBAM pada konsole laptop/ notebook Anda

Salah satu cara untuk memeriksa baterai laptop/ notebook yang mudah adalah dengan menggunakan aplikasi IBAM. Cukup aktifkan aplikasi ini saja dan aplikasi ini akan bekerja dengan sendirinya. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lengkap, Anda bisa gunakan parameter. Kini terserah Anda ingin menggunakan aplikasi mana, yang mudah atau yang lengkap.

Jalankan aplikasi dengan user biasa

IBAM yang sudah Anda aktifkan kemudian akan menyimpan profil baterai laptop Anda di home. Langkah selanjutnya adalah memeriksa  baterai. Pemeriksaan baterai bisa Anda lakukan dengan aplikasi user tanpa harus menggunakan user robot. Saat Anda mengaktifkan aplikasi yang canggih untuk pertama kalinya, Anda mungkin akan menjumpai hasilnya yang kurang akurat. Penyebabnya adalah karena aplikasi tersebut belum mempunyai data baterai laptop Anda. Jika terjadi demikian, sebaiknya jangan gunakan sumber listrik, melainkan aktifkan IBAM  dengan mode Watch-n10/ibam selama proses ini berlangsung.

Saat proses ini berlangsung, IBAM akan menyimpan interval perubahan sebagai data awal aplikasi canggih yang Anda gunakan tadi. Aktifkan terus aplikasi ini hingga baterai laptop Anda habis. Kemudian laptop dengan sumber listrik. Lalu buka kembali aplikasi IBAM. Semakin Anda sering melakukan proses ini , semakin akurat dan besarnya hasilnya.

Trik-Periksa-Baterai-Laptop-Manajemen-Power-Linux-dan-Teknik-Kontrol-4

Jalankan perintah IBAM

Nah, agar hasilnya dapat dibaca, jalankan lagi aplikasi IBAM kemudian pilih plot. Pastikan bahwa sebelumnya Anda sudah menginstal Gunplot. Anda kemudian akan melihat garis merah pada aplikasi ini. Garis merah ini adalah tanda bahwa siklus baterai sedang berproses tanpa sumber listrik. Sedang garis hijau adalah siklus baterai yang sedang discharge. Anda dapat menggunakan aplikasi plugin gkrellm, memasukan aplikasi ke sumber dari aplikasi IBAM, jika di laptop Anda ada aplikasi gkrellin monitoring system.

Bagaimana? Memang terlihat rumit. Namun jika Anda sering melakukannya akan terasa lebih mudah dan simpel. Trik di atas sudah teruji. Jadi Anda tak perlu ragu untuk mencobanya pada laptop atau notebook Anda. hasilnya akan memuaskan Anda bila Anda berhasil mempraktikannya. Anda juga akan semakin puas karena Anda melakukannya dengan tangan Anda sendiri.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *