Temukan Bug di Windows 8.1, Google Peringatkan Microsoft

By on January 4, 2015
2. Nikmati Fitur Update Windows 8.1 Segera 1

Google Project Zero dikabarkan telah mampu menemukan adanya kelemahan terkait sistem operasi Desktop Windows 8.1 besutan Microsoft. Celah ini sendiri sudah dilaporkan secara langsung oleh Google kepada raksasa software Tersebut. Namun selain melaporkan kepada MIcrosoft, ternyata pihak Google juga malah mempublikasi kelemahan dalam Windows 8.1 berdasarkan temuannya.

Seperti yang dilansir dalam laman Engadget, celah keamanan atau bug yang dipublikasikan oleh Google tersebut bisa berakibat cukup fatal kalau dibiarkan terus menerus. Bug tersebut akan membuat pengguna dengan akses level bawah akan bisa menjadi level administrator pada komputer manapun yang menggunakan sistem operasi yang sebentar lagi akan digantikan oleh Windows 10 tersebut.

Level administrator sendiri akan membuat pengguna bisa mengakses seluruh data-data sensitif yang terjadi dalam sistem operasi tersebut. tidak hanya sekedar mempublikasikan yang terdapat dalam Windows 8.1 tersebut, dalam publikasi yang dialkukan oleh Google, prusahaan raksasa IT tersebut menyertakan juga sejumlah kode yang bisa dipakai untuk mengeksploitasi kelemahan sistem operasi Windows tersebut.

Melihat kondisi yang tidak menguntungkan, Microsoft langsung bereaksi cepat. Dalam perrnyataannya, Microsoft mengatakan jika celah keamanan tersebut memang belum diperbaiki sepenuhnya, tetapi mereka mempublikasikan bahwa penyerang tetap harus memiliki data-data logon yang valid supaya bisa masuk ke dalam sistem yang diincarnya tersebut.

Tehnik ini sendiri bisa meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan oleh aksi hacking, walau sebetulnya masih ada kemungkinan bisa berakibat fatal akibat dari bug tersebut. selain itu, dalam peryataan resminya, pihak Microsoft juga berjanji akan segera memperbaiki update keamanan untuk mengatasi masalah perubahan hak akses tersebut. sehingga dengan adanya update perbaikan ini, perusahan tersbeut berharap pengguna bisa lebih tenang dan nyaman ketika berkeja dengan menggunakan sistem operasi Windows.

Dalam berita sebelumnya, yang ditulis pada 30 September 2014 kemarin, Google juga telah melaporkan soal celah keamanan tersebut pada Microsoft. Tidak hanya itu, mereka juga telah menginformasikan tenggat waktu 90 hari untuk menyelesaikan masalah tersebut. Publikasi yang dilakukan oleh Google tersebut dilakukan setelah tenggat waktu yang diberikan Google telah berlalu.

Walaupun Microsoft sendiri belum bisa menyelesaikan masalah bug tersebut, etatpi sistem keamanan untuk bsia meminimalisir terbukanya celah tersebut sudah dilakukan. Salah satunya lewat update yang sudah disebarkan beberapa waktu yang lalu.

Windows_Product_Family_9-30-Event-741x416

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *